Abstract:
FEBRIANI ARITA, NIM 16 3010 9018, Judul SKRIPSI “PENERAPAN METODE COOPERATIVE PLAY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 DI JORONG PADANG LANGGO NAGARI TANJUNG BARULAK KECAMATAN BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR”, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, universitas Islam Negri (UIN) Batusangkar, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terlihat rendahnya kecerdasan interpersonal anak usia dini. Hal ini terlihat dari beberapa anak yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, suka berteriak kepada orang tua ketika berbicara, tidak mau bermain bersama temannya dan tidak mau bekerjasama dengan temannya. Maka dari itu perlu adanya kegiatan yang membantu untuk menstimulasi kecerdasan interpersonalnya, salah satu kegiatannya yaitu metode cooperative play. Metode cooperative play adalah kegiatan yang membantu anak dalam bersosialisasi dan mau dalam berkerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode cooperative play dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 di jorong padang langgo nagari tanjung barulak kecamatan batipuh kabupaten tanah datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design.Dalam penelitian ini, populasinya adalah anak usia 5-6i di jorong padang langgo dengan jumlah anak 30 orang anak. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 di jorong padang langgo yang berjumlah 10 orang. Sebelum melakukan treatment kepada anak terlebih dahulu diberikan pretest. Adapun rata-rata hasil pretest adalah 23,9, setelah pretest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa bermain peran, bermain lego, perang naga, dan bola estafet, selama melakukan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 34,5. Apabila terlihat pada tabel nilai tt taraf 5% diperoleh harga kritik nilai adalah 2,26, maka dapat diketehui bahwa t0 lebih besar dari tt yaitu 2,86> 2,26 karena t0 lebih besar dari tt maka hipotesis nihil (h0) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternative diterima (ha). Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode cooperative play dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 di Jorong Padang Langgo Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Kata Kunci:Metodecooperative play, Kecerdasan Interpersonal, AnakUsiaDini