Abstract:
Zahra Assyfa Yusri, NIM:1830110019, Judul Skripsi “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Materi Laju Reeaksi Di SMAN 1 Sumatera Barat” Jurusan Tadris Kimia , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini didasarkan pada kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang dilakukan hanya berpusat kepada guru dan media yang digunakan guru hanya berupa power point yang belum dikembangkan, sehingga siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) dan mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi 4 fase, diantaranya: Define, Design, Development, Desseminate. Pada penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap ke-tiga diantaranya: 1) Pada tahap Define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi dilapangan, 2) pada tahap Design, dilakukan untuk merancang video pembelajaran berbasis STAD (Student Teams Achievement Division), 3) pada tahap Development ini dilanjutkan dengan pengujian Validitas dan praktikalitas. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas XI MIPA-2 SMAN 1 Sumatera Barat. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) video pembelajaran berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi 89,28% . 2) video pembelajaran berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket siswa 83,75% dan angket guru 77,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi guru dan juga siswa dalam pembelajaran.