Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMAN 1 Sijunjung

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RAHAYU PUTRI ILAHI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:58:58Z
dc.date.available 2022-09-14T01:58:58Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.isbn NIM:1830110012
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200982
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/3bw8xucBY5qfMV6qs4ChTORyzR40EyB3.pdf
dc.description.abstract Rahayu Putri Ilahi, Nim: 1830110012 (2022), judul skripsi “PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASISI QUIDED INQUIRY (INKUIRI TERBIMBING) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA N 1 SIJUNJUNG”. Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini didasarkan pada kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, dimana proses pembelajaran yang dilakukan hanya berpusat kepada guru dan bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku teks, sehingga siswa tidak tertarik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan E-Modul Kimia Berbasisi Quided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Pada Materi Larutan Penyangga Kelas Xi Sma N 1 Sijunjung yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dengan tahap (define, design, develop dan tahap disseminate). Tetapi tahapan pada penelitian dengan model 4D ini hanya dilakukan dari tahap pertama hingga ketiga, yaitu 1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi dilapangan, 2) tahap design, dilakukan untuk menyiapkan E-modul Kimia Berbasisi Quided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Pada Materi Larutan Penyangga, dan 3) tahap develop, hasil dari E-modul awal yang dirancang dilanjutkan pada uji validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-modul Kimia Berbasisi Quided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) sudah memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi yang diperoleh 94,4%, 2) E-modul Kimia Berbasisi Quided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) sudah memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket siswa 86,4%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-modul Kimia yang dikembangkan dapat dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Kimia- Pendidikan
dc.subject.ddc 540.07
dc.subject.ddc 540.07
dc.title Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMAN 1 Sijunjung
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku