Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi belum mampu anak menghafal surah pendek sesuai dengan kurikulum Raudathul Athfal. Hal ini terlihat ketika dilakukan tes hafalan surah pendek kepada anak masih ada anak yang tidak mampu dalam menghafal surah pendek. Ini disebabkan oleh penerapan metode jama’i dalam menghafal surah pendek. Metode jama’i tersebut kurang menarik bagi anak dalam menghafal sehingga anak mudah bosan dalam hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hafalan surah pendek melalui film animasi Riko the Series pada usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian pre-eksperimental dengan tipe one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh anak di RA. Islam M. Yamin Padang Ganting yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah anak 24 anak. Yang mana sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 anak. Perlakuan yang diberikan yaitu film animasi Riko the Series. Sebelum perlakuan diberikan kepada anak terlebih dahulu diberikan pretest. Adapun hasil rata-reta adalah 6,9. Setelah dilakukan pretest kemudia diberikan perlakuan berupa film animasi Riko the Series. Setalah diberikan perlakuan terjadi peningkatan yang terlihat dari hasil posttest dengan rata-rata 14,4. Nilai tt taraf 5% adalah 2,23, maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari tt yaitu 20,27 > 2,23. Karena t0 lebih besar dari tt maka hipotesis nihil (h0) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Ini berarti bahwa film animasi Riko the Series dapat meningkatkan hafalan surah pendek anak di RA. Islam M. Yamin Padang Ganting.