Publikasi IAIN Batusangkar

“Pengembangan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit untuk SMA/MA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DALIA RAMADHANI
dc.date.accessioned 2022-09-14T01:59:33Z
dc.date.available 2022-09-14T01:59:33Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.isbn NIM:1830110002
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200979
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdL5HvD06WF3V603SWJuOyfMfgjdxAQ6gZ1MEwsXmwZu0ad7y4WAmVsoxUm3hAQKgFsGiPywX3ielE8Zun%2FwO%2BdpkhtUSIg9LDcU755uE6LdB2A%2BjerGCOhOc5fEQPlh1GJhLvpkYlJUMt8AIU%2BPTEfUWgLqBtGSkNk%3D
dc.description.abstract DALIA RAMADHANI, NIM: 1830110002, Judukl skripsi ”PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA” Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah keterbatasan bahan ajar, peserta didik kurang memahami konsep kimia, peserta didik jenuh dan bosan menggunakan LKPD cetak karena gambar dan tulisan yang ditampilkan kurang menarik. Bahan ajar yang digunakan di sekolah bersumber dari buku paket dan LKPD cetak yang belum ada integrasi materi dengan nilai keislaman. Hal ini, tidak sesuai dengan kurikulum 2013 KI satu yang harus mengintegrasikan materi dengan nilai keagamaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan bahan ajar yang terintegrasi nilai keislaman untuk dijadikan sumber belajar bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) berbantuan Augmented Reality terintegrasi nilai keislaman pada materi larutan elektrolit untuk SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian Research And Development dengan model pengembangan 4D (define, design, develop and deseminate). Tetapi tahapan pada penelitian dengan model 4D ini hanya dilakukan dari tahap pertama hngga ketiga, yaitu 1) tahap define, dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, 2) tahap design, dilakukan untuk menyiapkan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) berbantuan Augmented Reality terintegrasi nilai keislaman pada materi larutan elektrolit untuk SMA/MA, dan 3) tahap develop, hasil dari E-LKPD yang dirancang dilanjutkan pada uji validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) berbantuan Augmented Reality terintegrasi nilai keislaman pada materi larutan elektrolit untuk SMA/MA sudah memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil validasi 88,9%, 2) E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) berbantuan Augmented Reality terintegrasi nilai keislaman pada materi larutan elektrolit untuk SMA/MA sudah memenuhi kriteria sangat prraktis dengan hasil angket respon 88,0%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD kimia yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Kimia- Pendidikan
dc.subject.ddc 540.07
dc.subject.ddc 540.07
dc.title “Pengembangan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit untuk SMA/MA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku