Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa sulit menemukan informasi terbaru terutama pembelajaran berbasis etnosains untuk melatih literasi sains siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains dalam materi pencemaran lingkungan untuk melatih literasi sains siswa yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalam penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dissemination). Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pegembangan (Develop). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis lembar validasi, angket dan lembar wawancara. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran IPA berbasis etnosains unutk melatih literasi sains siswa didaktik dinilai sangat valid oleh 3 orang validator, dengan persentase 85%, dinilai sangat praktis oleh siswa dengan persentase 88%, dan dinilai sangat praktis oleh guru dengan persentase 100%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa modul ini sudah layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.