Abstract:
Latifah Azizah.S.M, NIM. 1830106027, Judul Skripsi: “Penerapan Kombinasi Metode Guided Note Taking dan Everyone is a Teacher Here Pada Materi Sistem Imun di Kelas XI SMAN 1 Bukittinggi”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu metode pembelajaran yang kurang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan kombinasi metode guided note taking dan everyone is a teacher here terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem imun di kelas XI IPA SMAN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal essay untuk hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yaitu 88,82 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai peserta didik yaitu 76,37. Hipotesis diuji dengan menggunakan metode independent sample t test berbantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai Thitung yaitu 11,666 sedangkan nilai Ttabel yaitu 1,666. Jadi Thitung > Ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dimana H1 adalah terdapat pengaruh penerapan kombinasi metode guided note taking dan everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan kombinasi metode guided note taking dan everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.