Abstract:
ABSTRAK Deby Agusta, NIM. 15300600011, Judul Skripsi: “Hubungan Perhatian Orangtua Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi MIA MAN 2 Solok. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian orang tua dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa, kurangnya kemampuan orang tua dalam memberikan perhatian secara moril dan fisik, kurangnya kesadaran akan tanggung jawab siswa dalam belajar, rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian korelasional (hubungan). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Solok tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima melalui uji t. Hasil uji t dapat digambarkan taraf nyatanya . Uji hipotesis 1 menunjukan hasil thitung sebesar 1,88 dan ttabel sebesar 1,66709 sehingga terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN 2 Solok. Uji hipotesis 2 menunjukan hasil thitung sebesar1,92 dan ttabel sebesar 1,6879 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN 2 Solok. Ujui hipotesis 3 menunjukan hasil thitung sebesar 1,8 dan ttabel sebesar 3,23 sehingga terdapat hubungan postif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN 2 Solok. Jadi, dapat di simpulkan bahwa perhatian orang tua tidak memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, kemandirian belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar, perhatian orang tua dan kemandirian belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Keyword: Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar