Abstract:
Ririn Dalyanda NIM 1730109045 (2022) judul skripsi “Pengembangan Media Buku Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di TK Harapan Bunda Jorong Langgam Kecamatan Kinali Pasaman Barat” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam IAIN Batusangkar. Pokok permasalahan yang ditemukan di skripsi ini adalah rendahnya kemampuan membaca anak yang terlihat saat guru meminta anak untuk mengeja tulisan yang sudah ditulis oleh guru di papan tulis, maupun buku baca yang ada pada anak. Selain itu, anak juga kesulitan dalam membedakan huruf dengan bentuk yang serupa seperti huruf b, d, p. Kemudian bunyi huruf f dan v juga mengalami kendala dalam penyebutan bunyi. Selanjutnya peneliti juga menemukan banyak anak yang masih ragu dalam mengeja bacaan dan belum adanya media pembelajaran berupa buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini untuk memenuhi krateria valid dan praktikalitas. Penulis menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dessimination). Akan tetapi pada penelitian ini hanya di batasi sampai 3 tahap saja yaitu sampai pada tahap pengembangan (develop). Penelitian dilakukan di TK Harapan Bunda, dengan jenis instrument menggunakan lembar validasi buku cerita bergambar dan lembar praktikalitas Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa di TK Harapan Bunda Jorong Langgam belum memiliki buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca baca anak. Buku cerita bergambar sudah dilakukan uji validasi oleh 2 orang dosen ahli dengan presentase 91,15%% dengan kategori sangat valid dan diuji praktisi oleh 1 orang guru di TK Harapan Bunda dengan presentase 84,2% kategori sangat praktikalitas