Publikasi IAIN Batusangkar

Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Kelas XII SMA N 2 Pulau Punjung

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MONA NURFADILLAH
dc.date.accessioned 2022-09-14T02:00:25Z
dc.date.available 2022-09-14T02:00:25Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.isbn NIM:1830106037
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/MrmS7CtrbyjhBXKRH7WeCnBvKhx.pdf
dc.description.abstract Mona nurfadillah NIM 1830106037, Judul Skripsi “Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik di Kelas XII SMAN 2 Pulau Punjung”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar (UINMY) Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu pendidik belum pernah menerapkan pembelajaran berbasis praktikum pada sub materi enzim ini, ketersediaan media seperti alat dan bahan praktikum pada laboratorium biologi masih kurang lengkap, minat belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi masih kurang sehingga partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran masih rendah serta kebanyakan peserta didik cepat jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Keterampilan Proses Sains Peserta didik dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan penerapan pembelajaran berbasis praktikum lebih baik daripada Keterampilan Proses Sains peserta didik dan hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan metode pembelajaran konvensional kelas XII MIPA SMAN 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Experimental yang dilaksanakan pada semester ganjil 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 2 Pulau Punjung berjumlah 96 orang yang terdiri dari 3 lokal. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design dengan instrumen berupa tes dalam bentuk objektif yang dioalh secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains peserta didik pada kelas eksperimen dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis praktikum lebih baik dari pada hasil belajar kognitif dengan metode konvensional yang dibuktikan dari uji hipotesis menggunakan metode independent samples t-test berbantuan SPSS 22 didapatkan Ketentuan lainnya yaitu dengan taraf nyata yaitu 0,000 d 0,005. maka H0 ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Biologi- pendidikan
dc.title Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Kelas XII SMA N 2 Pulau Punjung
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku