Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DIANA ELSA PURNAMA | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T02:00:28Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T02:00:28Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-08-19 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1830106013 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200965 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/a2A0SRAIJ1W1SutLeyb659Vo3EJsVMi.pdf | |
dc.description.abstract | Diana Elsa Purnama, NIM 1830106013 (2022), Judul skripsi : “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPA Kelas VII MTss Rambatan”. Program studi pendidikan (Tadris) Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah belum sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPA yang valid pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D, yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan diseminasi. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi, lembar validitas, dan lembar praktikalitas. Hasil validasi dari validator terhadap seluruh aspek yang dinilai disajikan dalam bentuk tabel dan kemudian akan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi semua aspek sebuah penelitian pengembangan sudah sesuai dengan karakteristik bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis metakognitif. Bahan ajar yang dihasilkan memiliki persentase validitas sebesar 77,67% dengan kategori sangat valid. Rata- rata kepraktisan respon angket guru dengan hasil 85,57 dengan kategori sangat praktis dan rata- rata kepraktisan respon angket peserta didik dengan hasil 85,65% dengan kategori sangat praktis, sehingga lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis metakognitif ini sudah bisa digunakan dalam pembelajaran. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | UIN Mahmud Yunus Batusangkar | |
dc.subject | biologi pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII MTSs RAMBATAN | |
dc.type | Skripsi |