Abstract:
Dike Gusmi. NIM 1830101008 (2022). Judul Skripsi: “Pengembangan Pedoman Pelaksanaan Muhadharah dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Mind Mapping di SDN 08 Bukit Kandung Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan pedoman pelaksanaan muhadharah dalam bentuk buku saku berbasis mind mapping di SDN 08 Bukit Kandung Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pedoman yang digunakan siswa dalam mengikuti kegiatan muhadharah dan untuk mengetahui validitas serta praktikalitas pengembangan pedoman pelaksanaan muhadharah dalam bentuk buku saku berbasis mind mapping di SDN 08 Bukit Kandung Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Metode dalam penelitian ini yang peneliti gunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu penelitian yang menghasilkan suatu produk tertentu. Model penelitian yang digunakan ialah model 4-D yaitu tahap Define (tahap pendefinisian), tahap Design (tahap perancangan), tahap Development (tahap pengembangan), dan tahap Dissemination (tahap penyebaran). Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap Development (tahap pengembangan). Untuk tahap Dissemination (tahap penyebaran) tidak dilakukan karena untuk menghemat biaya dan waktu dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk uji validitas data, lembar angket respon siswa untuk uji praktikalitas dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data, lembar validasi dianalisis menggunakan skala Likert dengan perhitungan indeks Aiken v yang nilainya berkisar 0-1. Sedangkan angket respon siswa untuk uji praktikalitas dianalisis menggunakan skala Guttman dengan mencari persentase yang nilainya berkisar 0-100%. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa Pedoman yang digunakan siswa dalam mengikuti kegiatan muhadharah di SDN 08 Bukit Kandung ialah Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas I hingga kelas VI. Dan ditambah dari sumber lain yaitu buku-buku keagamaan yang ada di perpustakaan, di rumah dan internet. untuk uji validitas mengenai produk yang peneliti hasilkan menunjukkan bahwa buku saku sudah baik dan layak untuk digunakan dengan penilaian menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai rata-rata v sebesar 0,86 dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk uji praktikalitas berdasarkan hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa buku saku dapat dijadikan pedoman dan praktis digunakan dengan persentase 90,625% dengan kategori sangat praktis. untuk hasil wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai guru pembina dalam kegiatan muhadharah menyatakan bahwa secara garis besar buku saku muhadharah berbasis mind mapping sudah praktis dan dapat dijadikan pedoman bagi guru maupun siswa dalam melaksanakan muhadharah di SDN 08 Bukit Kandung.