Publikasi IAIN Batusangkar

Analisis Pemahaman Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Lingkaran di SMA N 1 X Koto Singkarak

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SYONIA SYAPRI ELSA
dc.date.accessioned 2022-09-14T02:01:01Z
dc.date.available 2022-09-14T02:01:01Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.isbn NIM:1830105056
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22201013
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/oemY2BMUQofcA6RuhUbRpIzKDCGAOVW.pdf
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui pemahaman matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Namun pada kenyataannya proses pemahaman matematis yang dilakukan peserta didik banyak yang tidak sesuai dengan indikator pemahaman matematis dan langkah-langkah penyelesaian soal kontekstual. Proses pemahaman matematis setiap peserta didik berbeda-beda, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tipe gaya belajar. Pada saat pembelajaran, peserta didik memiliki gaya belajar yang sesuai dan nyaman bagi dirinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman matematis yang dimiliki peserta didik dari masing-masing tipe gaya belajar dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif metode eksploratif. Subjek pada penelitian ini adalah enam orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA N 1 X KT Singkarak yang terdiri dari 2 orang peserta didik dengan tipe visual, 2 orang peserta didik dengan tipe auditorial, dan 2 orang peserta didik dengan tipe kinestetik. Untuk menentukan tipe gaya belajar dari subjek yang akan dipilih, digunakan kuesioner penilaian gaya belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan angket, tes, pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket(kuesioner), tes dan wawancara yang dilakukan pada materi lingkaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik dengan gaya belajar visual cenderung memiliki pemahaman instrumental dan relasional, serta mereka lebih dominan menguasai langkah 4 dalam menyelesaikan masalah kontekstual; (2) peserta didik dengan gaya belajar auditorial cenderung memiliki pemahaman instrumental dan relasional serta mereka lebih dominan menguasai langkah membuat rencana penyelesaian dengan lengkap dalam menyelesaikan masalah kontekstual; (3) peserta didik dengan gaya belajar kinestetik cenderung memiliki pemahaman instrumental
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title Analisis Pemahaman Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Lingkaran di SMA N 1 X Koto Singkarak
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku