Abstract:
Silvia Yulita NIM 1730109055 (2022) judul skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Elektronik Untuk Pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid’19”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah kurangnya pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak dan masih banyak anak yang belum mengetahui akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu penyebab rendahnya pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak yaitu cara guru mengenalkan perilaku hidup bersih dan sehat masih menggunakan media yang kurang menarik minat anak untuk mempelajarinya. Berdasarkan hal ini peneliti merancang media pembelajaran komik elektronik untuk mengenalkan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran komik elektronik yang valid dan praktis sehingga dapat menarik perhatian anak dalam proses pembelajarana. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D, dalam penelitian ini penulis hanya sampai tiga tahap yaitu pendefinisian (define), Perancangan (design) dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di TK Indomo Saruaso dengan jenis instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru). Media pembelajaran komik elektronik divalidasi oleh 2 orang validator dan 2 orang praktisi. Dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pengembangan dan perancangan media pembelajaran komik elektronik ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan di TK Indomo Saruaso yang belum memiliki media pembelajaran komik elektronik untuk anak. Media pembelajaran komik elektronik telah divalidasi oleh dua orang dosen dengan persentase dengan kriteria sangat valid dan praktikalitas media pembelajaran komik elektronik memperoleh persentase dengan kriteria sangat praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Komik Elektronik, Anak Usia Dini