Abstract:
RAHMA MELIYA REZA, NIM 1830109048, Judul Skripsi: “Penerapan Sumbang Duo Baleh Pada Anak di Tk Islam Masjid Raya Jihad Kota Padang Panjang”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya pengetahuan anak tentang sumbang duo baleh. Hal ini dapat kita lihat pada tingkah laku peserta didik di sekolah yang masih salah dalam berperilaku sumbang duo baleh yang diterapkan guru di sekolah seperti: sumbang duduak, sumbang kato, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang makan dan sumbang kurenah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sumbang duo baleh yang diterapkan, dan metode-metode dalam menerapkan sumbang duo baleh pada anak di Tk Islam Masjid Raya Jihad Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini penulis akan mendeskripsikan penerapan sumbang duo baleh pada anak di Tk Islam Masjid Raya Jihad Kota Padang Panjang. Subjek penelitiannya adalah guru dan peserta didik di Tk Islam Masjid Raya Jihad Kota Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yang memiliki tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik menguji keabsahan data yang penulis gunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai yang diterapkan di Tk Islam Masjid Raya Jihad adalah sumbang duduak, sumbang kato, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang makan dan sumbang kurenah. Semua sumbang ini sangat baik diterapkan kepada anak, karena cara guru menerapkannya sudah sangat baik dan berharap agar anak mampu menerapkan nilai-nilai sumbang duo aleh tersebut dalam kehidupan sehari-hari; 2) metode dalam menerapkan sumbang duo baleh yaitu: metode pembiasaan, metode demonstrasi, metode bercerita, metode teladan, metode bernyanyi dan metode tanya jawab.