Abstract:
ABSTRAK Yosi Amelia NIM: 1730109064 judul skripsi “Peranan Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Di TK Kemala Bhayangkari di Batusangkar”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2022. Masalah pada penelitian ini adalah terdapat beberapa fakta mengenai peranan guru dalam mengenalkan pendidikan seks. Fenomena yang terdapat dalam lapangan bahwa di TK Kemala Bhayangkari telah mengajarkan pendidikan seks untuk anak usia dini, Adapun beberapa metode yang guru gunakan saat memberikan pendidikan seks pada anak di sekolah, ini adalah dengan bercerita, diskusi atau tanya jawab, kegiatan menggambar, syair, permainan, bernyanyi, nonton bareng, serta bisa dengan strategi pembelajaran pembiasaan, dengan program aku dan diriku, bertujuan untuk menanamkan pendidikan seksual kepada anak-anak agar anak mengerti bahaya yang ada disekitar dan apa yang harus dilakukan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peranan guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak TK terkhusunya di TK Bhayangkari Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. dalam penelitian ini yang menjadi media utama adalah peneliti sendiri. Sedangkan instrumen pendukung yaitu instrumen yang menunjang kelengkapan penelitian seperti buku catatan, kamera dan vidio. Ada tiga tahapan anlisis data yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusing drawing). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara. Teknik penjamin keabsahan data yang dimana peneliti menganalisis secara mendalam dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peranan guru dalam mengenalkan pendidikan seks di TK Kemala Bhayangkari Batusangkar, maka dapat disimpulkan bahwa peranan guru dalam mengenalkan pendidikan seks sebagai pendidik di TK Kemala Bhayangkari Batusangkar adalah dengan cara memulai mengenalkan bagian tubuh yang boleh dilihat dan disentuh orang lain. Peranan guru sebagai model dalam mengenalkan pendidikan seks di TK Kemala Bhayangkari Batusangkar yaitu untukmengajarkan dan mengenalkan perbedaan jenis kelamin kepada anak yaitu dengan memperlihatkan jenis kelamin, ciri khas perempuan seperti apa, dan laki-laki seperti apa, dengan mencerminkan cara berpakaian dan cara beretika seperti laki-laki dan perempuan. Peranan guru sebagai penasehat di TK Kemala Bhayangkari Batusangkar yaitu dengan memberikan nasehat melalui media/alat peraga yang menarik sehingga pesan-pesannya dalam mengenalkan pendidikan seks bisa diterima oleh anak, dengan metode bercerita untuk menyampaikan pesan moral dan agama kepada anak tentang pengenalan seks. Peranan guru sebagai motivator di TK Kemala Bhayangkari Batusangkar adalah memberikan motivasi menumbuhkan rasa percaya anak tentang pendidikan seks adalah dengan cara selalu memotivasi anak untuk bersikap baik,dengan menegur anak kalau ada bersikap yang tidak baik, peranan guru sebagai sumber belajar yaitu guru harus menguasai materi pembelajaran pendidikan seks.