Abstract:
Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu rendahnya hasil dan motivasi belajar peserta didik karena terbiasa oleh pembelajaran daring terutama pada pembelajaran Biologi. Guru masih sering memakai model pembelajaran konvensional mengingat waktu pembelajaran yang terbatas. Peserta didik tidak aktif bertanya dan kurangnya kerjasama saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan untuk melihat motivasi belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran tipe Make A Match berbantuan Magic Card lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 1 Rambatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental dengan rancangan penelitian the posttest-only control design. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda pada ranah kognitif dan angket motivasi belajar. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan Magic Card lebih baik dari hasil belajar kognitif biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dari uji hipotesis yaitu thitung>ttabel (25.718>1.708) yang membuat hipotesis diterima. Hal ini juga dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen 80.38 dan nilai rata-rata kelas kontrol 73.46. Begitu juga dengan motivasi belajar peserta didik yang meningkat saat diterapkannya model pembelajaran Make A Match berbantuan Magic Card ini. Jadi, model pembelajaran Make A Match berbantuan Magic Card dapat mempengaruhi hasil dan motivasi belajar peserta didik dan dapat diterapkan pada materi biologi lainnya.