Abstract:
ABSTRAK Istiqamah NIM 1730109023 (2022) Judul skripsi : “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Di TK Nusa Indah Batu Basa Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pendidik dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak melalui strategi pendidik dalam pembelajaran pasca pandemi covid-19. Dilihat dari hal strategi pembelajaran berpusat pada anak, strategi pembelajaran melalui bermain, strategi pembelajaran melalui bercerita, dan strategi pembelajaran melalui bernyanyi. Kemampuan berpikir logis anak dapat berkembang dengan baik karena adanya strategi-strategi pendidik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pendidik anak usia dini pada masa pandemi covid-19 dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengambilan data bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang guru kelas di TK Nusa Indah Batu Basa dan data sekunder berupa hasil wawancara dengan kepala sekolah dan dua orang guru kelas di TK Nusa Indah Batu Basa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara. Analisis datanya menggunakan teori dari miles dan hubermen dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pendidik dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak dengan cara sebagai berikut: melalui strategi pembelajaran berpusat pada anak dapat menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak dengan memberikan pembelajaran sesuai dengan minat anak. Strategi pembelajaran melalui bermain dapat menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak dengan menyediakan berbagai jenis permainan dan di dukung dengan jumlah bahan yang cukup agar setiap anak memperoleh kesempatan bermain untuk mengembangkan aspek perkembangannya. Strategi pembelajaran melalui bercerita dapat menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak dengan bercerita anak akan mengaami perkembangan kognitif yaitu meningkatnya berpikir logis pada anak. Strategi pembelajaran melalui bernyanyi dapat menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak merangsang anak dalam berpikir ketika menyesuaikan antara nyanyian dan gerakan.