Abstract:
ABSTRAK Husnal Fadillah, NIM 1830106022, Judul Skripsi “Hubungan antara Intelegensi, Motivasi belajar, Kemandirian belajar, Bakat dan Minat belajar, dengan Literasi Sains siswa, kelas IX. MTsN 1 Lima Puluh Kota dalam mata pembelajaran Biologi”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar tahun 2022 yang terdiri dari kurang lebih 150 halaman. Kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih dibawah rata-rata jika dibandingkan dengan rata-rata skor Internasional dan secara umum berada pada tahapan pengukuran terendah PISA (Programe for International Student Assessment). Rendahnya kemampuan literasi sains siswa kelas IX MTsN 1 Lima Puluh Kota dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah faktor internal berupa Intelegensi, bakat dan minat belajar, dan faktor eksternal berupa kemandirian belajar, dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif yang signifikan antara Intelegensi, Motivasi belajar, Kemandirian belajar, Bakat dan Minat belajar, terhadap Literasi Sains siswa, kelas IX. MTsN 1 Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IX MTsN 1 Lima Puluh Kota yang berjumlah 90 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik analisis data menggunakan adalah teknik korelasi product moment dengan tingkat signifikan hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Intelegensi, Motivasi belajar, Kemandirian belajar, Bakat dan Minat belajar, terhadap Literasi Sains siswa, kelas IX. MTsN 1 Lima Puluh Kota. Hal ini dibuktikan dengan harga r = 0,498, nilai signifikan yaitu sebesar 0,000 0,05 dan nilai fhitung 5,530 > ftabel 3,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.