Abstract:
Tiya Murti Ningsih, NIM 1730106052, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction (ARIAS) Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Lintau Buo”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Permasalahan penelitian ini yang peneliti peroleh dari hasil observasi awal berkaitan dengan kurangnya minat peserta didik mengikuti pembelajaran biologi dan peserta didik lama dalam menyerap materi. Hal ini disebabkan guru selalu memakai model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran. Metode ini menyebabkan siswa jarang untuk mengajukan pertanyaan ataupun mengajukan pendapat setelah guru menjelaskan materi pelajaran yang menunjukkan kurang nya antusias siswa dalam pembelajaran serta dalam tanya jawab dominan siswa tertentu saja. Guru menggunakan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional yaitu pembelajaran satu arah. Model dan strategi kurang bervariasi sehingga menyebabkan sebagian siswa hanya pasif mendengarkan, siswa sering melamun, dan tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga dengan proses pembelajaran seperti ini sedikit siswa yang aktif. Kemudian aktifitas siswa tidak terlalu terlihat dan hasil belajar siswa juga kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif biologi peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Arias lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional kelas XI IPA SMAN 1 Lintau Buo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2021/2022. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design dengan instrumen berupa tes dalam bentuk objektif yang diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction (ARIAS) lebih baik dari hasil belajar kognitif biologi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dari uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (5,5795>2.02) yang membuat hipotesis diterima. Hal ini juga dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen 80,44 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55,89. Jadi, model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction (ARIAS) dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan dapat diterapkan pada materi biologi lainnya. Key Word: Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction (ARIAS), Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi