Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan sumber belajar online yang digunakan guru dan peserta didik serta belum tersedianya E-Modul yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan juga kurang menarik dan lengkap sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar peserta didik serta bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum menggunakan pendekatan Isu Sosiosaintifik. Adapun tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk E-Modul Berbasis Pendekatan Isu Sosiosaintifik Pada materi Perubahan Lingkungan Kelas X MIA SMA N 1 padang Ganting yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Diseminate). Namun pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Produk E-Modul divalidasi oleh tiga orang pakar yang terdiri atas dua orang dosen media pembelajaran dan satu orang guru mata pelajaran Biologi. Uji coba praktikalitas dilakukan oleh satu orang guru dan 19 orang peserta didik kelas X MIA SMA 1 Padang Ganting. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas dan angket kepraktisan. Dari hasil penelitian bahan ajar yang dihasilkan memiliki persentase validitas sebesar 83% dengan kategori sangat valid dan rata-rata kepraktisan dengan hasil 88% berdasarkan respon angket guru dan 84% berdasarkan angket respon peserta didik pada kategori sangat praktis. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi semua aspek sebuah penelitian pengembangan sudah sesuai dengan karakteristik sebuah bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan Isu Sosiosaintifik (ISS). Dapat disimpulkan bahwa E-Modul Berbasis Pendekatan Isu Sosiosaintifik (ISS), yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi kelas X MIA tingkat SMA