Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum Fisika Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Ayat Al-Qur'an pada Materi Listrik Dinamis dan Listrik Statis Kelas XII SMA/MA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author WERI OKTAVIA
dc.date.accessioned 2022-09-14T02:03:06Z
dc.date.available 2022-09-14T02:03:06Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-18
dc.identifier.isbn NIM:1830107032
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200991
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/1kwgXttxrK7KW9VllfNmOObpbrl1oRSX.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK WERI OKTAVIA, NIM. 1830107032. Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DAN LISTRIK STATIS KELAS XII SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Penelitian ini dilakukan pada materi listrik kelas XII SMA/MA pada pembelajaran fisika yang dianggap sebagai materi yang membutuhkan adanya aktivitas praktikum. Materi listrik tersebut membutuhkan visualisasi gambar yang menarik dan jelas. Pada saat sekarang ini sekolah sudah kembali normal tetapi belum tersedia LKPD praktikum, dikarenakan pada masa pandemi jam pelajaran terbatas dan pelaksanaan praktikum kurang terjalankan dengan maksimal. Teknologi yang berkembang pesat saat ini salah satunya augmented reality yang dapat mengubah informasi menjadi media 3 dimensi. Augmented reality membantu dalam memviasualisasikan materi listrik agar mempermudah peserta didik dalam pembelajaran fisika. Permasalahan lainnya dikarenakan adanya peraturan Pemerintah Daerah pada pembelajaran fisika SMA/MA yang diintegrasikan dengan ayat Al-Quran. Pentingnya literasi sains peserta didik sebagai wadah agar keterampilan berpikir peserta didik lebih luas. Sudah tentunya ini menjadi tantangan bagi guru dan peserta didik sendiri untuk dapat melalui permasalahan tersebut dengan inovasi pada pembelajaran. Maka dari itu sangat penting untuk mengembangkan LKPD praktikum fisika berbasis augmented reality terintegrasi ayat-ayat Al-Quran agar dapat meningkatkan motivasi dan keinginan belajar peserta didik. Pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu 4-P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penerapan). Dalam mengembangkan LKPD praktikum fisika berbasis augmented reality terintegrasi ayat-ayat Al-Quran ini yang digunakan hanya tiga tahapan saja yakni pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian melakukan analisis muka belakang, analisis karakteristik peserta didik, analisis tugas dan analisis konsep. Tahap perancangan dengan merancang dan menyediakan kebutuhan dalam pembuatan bahan ajar LKPD praktikum fisika. Tahap pengembangan LKPD praktikum fisika divalidasi dan dilakukan uji kepraktisannya. LKPD praktikum fisika yang dikembangkan ini divalidasi oleh 4 validator (3 orang dosen dan 1 orang guru fisika). Hasil validasi terhadap LKPD praktikum fisika berbasis AR dengan persentase sebesar 88,68% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu uji kepraktisan LKPD praktikum fisika berbasis AR di uji pada peserta didik kelas XII dan guru SMA Islam Boarding School RJ Payakumbuh diperoleh persentase praktikalitasnya secara berturut-turut 89,30% dan 90 % dengan kriteria sangat praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.subject.ddc 530.07
dc.subject.ddc 530.07
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum Fisika Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Ayat Al-Qur'an pada Materi Listrik Dinamis dan Listrik Statis Kelas XII SMA/MA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku