Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA MATERI EKOLOGI KELAS X SMAN 1 X KOTO DIATAS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author YULIA LESTARI
dc.date.accessioned 2022-09-14T02:03:10Z
dc.date.available 2022-09-14T02:03:10Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-08-18
dc.identifier.isbn NIM:1830106068
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200957
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/2kqv18mgElgBU7OroaqJqHd8BQadHUPq.pdf
dc.description.abstract Yulia Lestari NIM. 1830106068 (2022). Judul Skripsi: “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) pada Materi Ekologi Kelas X SMAN 1 X Koto Diatas”. Jurusan Tadris Biologi, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik dan kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran dan bahan ajar lainnya. Selain itu proses pembelajaran masih dominan satu arah, model pembelajaran yang melatih keterampilan argumentasi peserta didik juga masih jarang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran Biologi berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) pada materi Ekologi untuk peserta didik Kelas X SMAN X Koto Diatas yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dissseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan angket praktikalitas. Data validasi dan praktikalitas yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan skala Likert 1-4. Hasil validasi ditampilkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi semua aspek sebuah penelitian pengembangan dan sudah sesuai dengan karakteristik sebuah bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis Argument Driven Inquiry (ADI). Bahan ajar yang dihasilkan memiliki persentase validitas sebesar 98% dengan kategori sangat valid dan rata-rata kepraktisan dengan hasil 98,5% berdasarkan respon angket guru dan 93% berdasarkan respon angket peserta didik pada kategori sangat praktis, sehingga modul pembelajaran Biologi berbasis Argument Driven Inquiry (ADI) ini sudah bisa digunakan dalam pembelajaran.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher UIN Mahmud Yunus Batusangkar
dc.subject Biologi- pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA MATERI EKOLOGI KELAS X SMAN 1 X KOTO DIATAS
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku