Abstract:
RAHMA DANI, NIM. 1930111066 (2023). Judul Skirpsi: “Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Menggunakan Video Interaktif pada Kelas VI Mata Pelajaran IPS SDN 02 Tanjung Bonai Lintau Buo Utara”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan penggunaan media video interaktif dalam menyampaikan materi pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas VI SDN 02 Tanjung Bonai. Penggunaan media video interaktif ini memberikan dampak positif berupa siswa menjadi termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan video interaktif pada kelas VI mata pelajaran IPS SDN 02 Tanjung Bonai Lintau Buo Utara. Kegunaan penelitian ini yaitu bisa dijadikan referensi bagi guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu data utama guru kelas VI, kepala sekolah, siswa dan sumber data pendukung perangkat pembelajaran. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang telah didapatkan akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan penjamin keabasahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil temuan penelitian mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan video interaktif pada kelas VI mata pelajaran IPS SDN 02 Tanjung Bonai Lintau Buo Utara menunjukkan bahwa perencanaan sudah dilaksanakan dengan baik dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang mengacu kepada kurikulum yang digunakan. Pelaksanaan dilaksankan dengan mengacu kepada Permendikbud RI No. 81 a tahun 2013 yang menjabarkan bahwa ada lima langkah langkah pendekatan scientific yang disingkat dengan 5M serta aplikasi yang digunakan dalam membuat video interaktif yaitu Inshot. Evaluasi yang dilakuakan dengan mengacu kepada 3 aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor.