Abstract:
ABSTRAK Nesatul Rahmah NIM. 1830111038, Judul Skripsi “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III Di SDN 20 Bungo Tanjung ”, Program Studi Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Hasil belajar siswa khususnya kelas III SDN 20 Bunga Tanjung masih tergolong rendah. Tidak semua peserta didik aktif ketika proses pembelajaran. Siswa cenderung hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, tanpa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga hal ini mengakibatkan siswa tidak paham dengan pembelajaran yang telah mereka lakukan. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian pengaruh model pembelajaran CRH pada pmbelajaran tematik yang bertujuan agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 20 Bunga Tanjung yang terdiri sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 41 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan sistem lotting, Sampel yang terpilih adalah kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar untuk ranah kognitif yang terdiri dari tes objektif sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil tes akhir yang dilakukan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai akhir siswa untuk ranah kognitif pada kelas eksperimen yaitu 87.6 dengan persentase ketuntasan 95% sedangkan kelas kontrol nilai rata- ratanya yaitu 75.4 dengan persentase ketuntasan 66.7%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji-t didapatkan harga thitung =1.82 sedangkan ttabel = 1.65 pada taraf nyata α = 0.05 berarti hitung tabel t t atau (1.82 > 1,65) berarti HO ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tematik tema tiga sub tema satu pada pembelajaran 1 sampai 3 di kelas 3 dengan model pembelajaran course review horray lebih baik dari hasil belajar tematiik tema tiga sub tema satu pada pembelajaran 1 sampai 3 di kelas 3 dengan model pembelajaran dengan metode konvensional yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Kata kunci : CRH, Hasil Belajar, Pemb. Tematik