Abstract:
Widia Nofrianti. 2023. Nim. 1830108086. Bimbingan Konseling. Pengaruh Bimbingan kelompok Dengan Teknik Home Room dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA N 4 Solok. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus (UIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah rendahnya minat belajar siswa di SMA N 4 Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen desaign dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design yang mana dengan mengukur minat belajar siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretets dan posstest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes dengan menggunakan skala minat belajar. populasi dalam penelitian adalah 33 orang siswa dan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA sebanyak 12 orang dengan kategori rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi setelah dilakukan bimbingan kelompok teknik home room minat belajar siswa banyak berada pada kategori sangat tinggi yaitu 7 orang dengan persentase 58,33% dan 5 orang berada pada kategori tinggi dengan persentase 41,67%. Dengan adanya bimbingan kelompok diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa secara signifikan dengan minat siswa sebesar 48,78%. Kata kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Home Room, Minat Belajar Siswa