Abstract:
Erdila Agustiani, NIM 1730105010, Judul Skripsi “PERBEDAAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SEGI GENDER PADA SISWA KELAS VIII di MTsN 12 TANAH DATAR”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar 2023. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu Kelas yang terdapat di sekolah MTsN 12 Tanah Datar dibagi berdasarkan gender atau jenis kelamin , yang mana kelas laki-laki dan kelas perempuan dipisah. Hal ini dapat menyebabkan perubahan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa, dikarenakan yang biasanya siswa digabung antara laki-laki dan perempuan sekarang dipisah. Kemampuan berpikir laki-laki berbeda dengan kemampuan berpikir perempuan. Siswa cenderung tidak menjawab pertanyaan guru ketika diberi pertanyaan, sehingga hal tersebut belum menunjukan kelancaran siswa dalam mengemukakan gagasan,kurangnya rasa percaya diri, dan kecemasan siswa dalam belajar matematika, Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis kuantitatif komperatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto atau kasual komperatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif siswa berbentuk tes essay. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 12 Tanah Datar tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C sebagai kelas bergender perempuan dan VIII E sebagai kelas bergender laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa laki-laki lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif siswa perempuan di MTsN 12 Tanah Datar. Hasil penelitian perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari segi gender. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas bergender perempuan dengan kelas bergender laki-laki. Setelah diadakan tes maka diperoleh hasil perhitungan dengan uji-t didapat harga thitung= 2,978 sedangkan ttabel= 1,696 pada taraf kepercayaan α= 0,05. Berarti thitun> ttabel dimana 2,978>1,696 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yakni hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang bergender perempuan lebih baik dari pada hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang bergender laki-laki.