Abstract:
ABSTRAK ANUGRAH RAMADHANA NIM. 1730302006 judul skripsi “ETIKA KOMUNIKASI VERBAL DALAM FILM SERIGALA TERAKHIR KARYA UPI AVIANTO’’ Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Penelitian ini di latar belakangi oleh Etika Komunikasi Verbal Dalam Film Serigala Terakhir Karya Upi Avianto yang lebih berfokus kepada adegan-adegan yang menampilkan komunikasi verbal yang negatif yang menjadi pemicu film serigala terakhir layak untuk diteliti kerena secara teori penonton dikalangan remaja dan anak-anak cendrung mengimitasi (teori pembelajaran social). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian Kualitatif (Qualitative Research) adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara dasar tergantung dari pengamatan manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahannya Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian literatur. Jenis penelitian ini dilihat dari sumber data utama yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Untuk penelitian literatur (Archieval Research) menggunakan sumber berupa teks, dokumen, atau arsip yang digunakan sebagai sumber utama penelitian. Dokumentasi yang digunakan berupa laptop, film, pena, buku, dan lain-lainnya yang mendukung didalam penelitian tersebut. Penggunaan analisis isi pada penelitian kualitatif ini, tidak jauh berbeda dengan pendekatan lainnya. Awalnya harus ada objek komunikasi yang dapat dilihat permasalahannya agar peneliti dapat merumuskan dengan tepat apa yang akan diteliti dan harus sesuai dan didasarkan dengan tujuan yang sudah ditentukan. Selanjutnya memilih unit analisis yang akan dikaji, dan memilih objek penelitian yang akan menjadi sasaran analisis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa didalam menonton film serigala terakhir sebaiknya dilihat apakah film tersebut layak untuk di tonton atau tidak karena kebanyakkan yang menonton di dikalangan anak-anak. Karena bijak menonton sangat perlu untuk diperlihatkan dengan baik. Kata Kunci : Etika Komunikasi, Komunikasi Verbal.