Abstract:
Pokok permasalahan pada skripsi ini adalah Strategi Pengembangan Layanan Minangkabau Corner pada Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar. Memberikan gambaran dan melihat bagaimana strategi pengembangan layanan Minangkabau Corner pada Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bentuk layanan Minangkabau Corner yang diberikan kepada pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar adalah koleksi yang bertemakan Minangkabau yang dapat diakses kapan saja oleh pemustaka, sarana pendukung seperti sofa untuk membaca, perangkat komputer yang dapat digunakan pemustaka, serta jaringan wifi yang dapat diakses melalui perangkat komputer yang telah disediakan. Kendala dalam pengembangan layanan Minangkabau Corner di perpustakaan umum daerah Kabupaten Tanah Datar adalah kekurangan koleksi yang menyebabkan pemustaka tidak dapat memenuhi kebutuhan informasinya, selanjutnya ketidaktahuan pemustaka mengenai keberadaan layanan Minangkabau Corner sehingga menyebabkan berkurangnya pengunjung layanan Minangkabau Corner setiap harinya. Kendala pustakawan dalam memberikan layanan adalah pustakawan tidak menemukan koleksi yang dibutuhkan pemustaka sehingga menyebabkan tidak terjadinya proses temu kembali informasi. Selanjutnya, letak koleksi pada Layanan Minangkabau Corner belum sesuai dengan standarisasi klasifikasi koleksi sehingga koleksi yang diperlukan pemustaka sulit ditemukan. Strategi Pengembangan Layanan Minangkabau Corner di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Datar adalah dengan melakukan upaya untuk menarik minat pemustaka yang berkunjung. Pada layanan Minangkabau Corner perlu diadakannya promosi yang baik untuk mengenalkan layanan kepada masyarakat yang dapat dilakukan dalam bentuk media tercetak seperti brosur, poster, dan mempromosikan layanan melalui media social. Menjalin hubungan kerjasama dengan stake holder yang bersangkutan dalam rangka meningkatkan fasilitas pada layanan Minangkabau Corner, meningkatkan jumlah koleksi yang terbatas serta merekomendasikan pustakawan khusus untuk mengelola layanan Minangkabau Corner.