Abstract:
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Pembelajaran Maharah Kalam Siswa di Kelas IX Pondok Pesantren Prof. Dr. Hamka Maninjau dan Untuk Mengetahui Sebarapa Besar Signifikan secara statistik antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Video Animasi dengan tanpa yang tidak menggunakan media Video Animasi dalam pembelajaran maharah kalam siswa pada kelas IX Pondok Pesantren Prof. Dr. Hamka Maninjau. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan empat alat penelitian, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi dan soal-soal ujian. Adapun hasil pengajaran keterampilan berbicara sebelum menggunakan video animasi yaitu hasil maksimal 80 dan hasil terendah 50. Akan tetapi setelah menggunakan video animasi hasil maksimal 87 dan hasil terendah 75. Kemudian didapatkan hasil to lebih besar dari hasil tt yaitu 2,89 3,03> 2,11. Dengan demikian, Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis kumutatif (Ha) diterima, dengan kata lain ada perbedaan antara hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan video animasi dan menggunakan media lain. Dan kesimpulan dari penelitian ini adalah media video animasi berpengaruh positif terhadap hasil pengajaran keterampilan berbicara.
Description:
Kata Kunci :
Penggunaan, Video Animasi, Maharah Kalam
Referensi :
Abdul Wahab Rosyidi. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab.