Abstract:
Indah putri, NIM 1830401064, Judul Skripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Masyarakat Tentang Produk-Produk Bank Syariah (Studi Kasus Jorong Belakang Pajak Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum), Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Masalah pokok dalam permasalahan ini adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat Jorong Belakang Pajak dan juga kurang mengenal atau mengetahui tentang produk-produk bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman tentang produk-produk bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jorong Belakang Pajak Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum sebanyak 353 orang. Jenis pengambilan sampel pada penelitian ini adalah 78 orang. Teknik oengumpulan data yang digunakan ialah skala likert dengan menyebarkan kuisioner kepada masyarakat Jorong Belakang Pajak Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum. Pengolahan data yang dilakukan secara statistik dengan bantuan SPSS Windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman masyarakat tentang produk-produk bank syariah. Hal ini diketahui dari tingkat signifikan nilai pengetahuan sebesar 0,006 0,05 dengan nilai t hitung 2,846 > t tabel 1,666, variabel pengalaman berpengaruh signifikan terhadap pemahaman masyarakat tentang produk-produk bank syariah. Hal ini diketahui dari tingkat nilai signifikan Pengalaman sebesar 0,008 0,05 dengan nilai t hitung 2,732 > t tabel 1,666, variabel ekonomi berpengaruh tidak signifikan terhadap pemahaman masyarakat tentang produk-produk bank syariah. Hal ini diketahui dari tingkat nilai signifikan ekonomi sebesar 0,724 0,05 dengan nilai t hitung 0,355 > t tabel 1,666 dan variabel sosial lingkungan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman masyarakat tentang produk-produk bank syariah. Hal ini diketahui dari tingkat nilai signifikan sosial lingkungan sebesar 0,005 0,05 dengan nilai t hitung 2, 903 > t tabel 1,666. Jika diuji secara bersama-sama dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengetahuan (X1), pengalaman (X2), ekonomi (X3), dan sosial lingkungan (X4) dapat dibuktikan pengaruh terhadap pemahaman masyarakat tentang produk-produk bank syariah.