Abstract:
Afna Zulaikha, NIM 1930109002 judul skripsi, Pengaruh Bermain Alat Musik Perkusi Terhadap Kecerdasan Musikalitas Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok dari permasalahan ini adalah anak kesulitan dalam mengenal alat musik perkusi, anak kesulitan dalam memahami ketukan, bunyi dan irama pada alat musik perkusi, anak kesulitan, anak kesulitan dalam mengikuti gerakan sesuai musik. Tujun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain alat musik perkusi terhadap kecerdasan musikalitas anak kelompok B di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, karena itu ingin mengetahui variabel sebab dan variabel akibat dari kecerdasan musikalitas anak kelompok B di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang berjumlah 65 orang dari 5 kelas yang ada. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 8 orang. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh bermain alat musik perkusi terhadap kecerdasan musikalitas anak kelompok B di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Dapat disimpulkan bahwa t0 lebih besar dari tabel nilai tt (44,07>2,9980), maka hipotesis nihil (h0) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternative (ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode bermain alat musik perkusi terhadap kecerdasan musikalitas anak kelompok B sebelum dan sesudah pelaksanaan eksperimen yang memberikan perlakuan metode bermain alat musik perkusi di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.