Abstract:
STUDENTS’ SELF-CONCEPT IN LEARNING ENGLISH AT MAN 3 LINTAU REGISTERED IN 2015/2016 ACADEMIC YEAR
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan konsep diri yang terdapat di dalam diri siswa di MAN 3 Lintau khususnya di kelas XI yang terdiri dari 3 lokal yaitu IPA, IPS dan IPK terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di MAN 3 Lintau pada tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Lintau yang berjumlah 46 orang dengan rincian kelas XI IPA 16 orang, kelas XI IPS 16 orang, dan kelas XI IPK 14 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling, dimana 35 orang menjadi sampel dan 11 orang untuk try out sample. Instrumen yang digunakan adalah angket. Setelah angket diuji-cobakan, dilakukan analisis untuk melihat validity dan reliability dari angket tersebut. Dari angket yang di ujicobakan didapat 4 item valid, 32 item revisi, and 4 item dibuang. Setelah didapatkan hasil dari analisis angket yang diujicobakan, selanjutnya angket direvisi dan kemudian dibagikan kepada 35 orang sampel penelitian untuk mengumpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris pada umumnya adalah positif dengan persentase 68, 57 % dan rata-rata skor angket 138, 05. Jika dilihat dari masing- masing kelas konsep diri yang dimiliki adalah kelas IPA menunjukkan bahwa konsep diri yang dimiliki siswa adalah positif dengan persentase 83, 33 % dan rata-rata skor angket 134, 83, pada kelas IPS menunjukkan bahwa konsep diri yang dimiliki siswa adalah positif dengan persentase 83, 33% dan rata-rata skor angket 134, 92, pada kelas IPK menunjukkan bahwa konsep diri yang dimiliki siswa adalah sangat positif dengan persentase 63,63% dan rata-rata skor angket 145.