Abstract:
ABSTRAK Fadhilah Wahyuni, NIM 1930111023. Judul Skripsi: “Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 02 Tanjuang Gadang”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah pentingnya konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN 02 Tanjuang Gadang dan faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambaran atau deskriftif tentang suatu keadaan secara objektif yang meggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data serta penampilan dan hasilnya. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah melalui angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Tanjuang Gadang. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 34 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian yang peneliti lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV SDN 02 Tanjuang Gadang berada dalam kategori tinggi skor yang diperoleh sebesar 1.929 dengan rata-rata 56,74. Sebanyak 19 orang siswa dikategorikan konsentrasi tinggi dengan presentase 56%, 8 orang siswa dikategorikan konsentrasi sedang dengan presentase 24%, 5 orang siswa dikategorikan konsentrasi rendah dengan presentase 15 % dan 2 orang siswa dikategorikan konsentrasi sangat rendah dengan presentase 6 %. Faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN 02 Tanjuang Gadang, terbagi menjadi 2 yaitu; Faktor eskternal dan faktor internal. Faktor eskternal yang berasal dari luar diri siswa yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa tersebut, sedangkan faktor internalnya faktor yang berasal dari diri siswa. Kata kunci : Konsentrasi, Matematika