Abstract:
ABSTRAK Ernawati. Nim 1930101068. Judul skripsi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMPN 1 Batusangkar. Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar tahun 2023. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah pembelajaran berdiferensiasi merupakan program kebijakan baru kementerian pendidikan kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. Melihat pembelajaran berdiferensiasi ini adalah strategi baru yang diterapkan di SMPN 1 Batusangkar. Penulis ingin mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi, khususnya pada mata pelajaran PAI. Mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi yang baru diterapkan di sekolah maka mengharuskan pihak sekolah untuk beradaptasi dalam implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan berdasarkan permasalahan yang terjadi di lapangan dengan menggunakan kalimat yang efektif. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI, wakil kurikulum dan kepala sekolah di SMPN 1 Batusangkar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data (display data) dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah pengamatan yang tekun dan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan diketahui bahwa guru melakukan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, perangkat pembelajaran yang utama dalam perencanaan ini adalah modul ajar berdiferensiasi. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam pembelajaran ini siswa dikelompokkan berdasarkan gaya belajar mereka yaitu kelompok visual, audio visual dan kinestetik. Kemudian guru memberikan media belajar yang berbeda masing-masing kelompok tersebut. Kelompok visual guru memberikan media belajar dari buku paket dan bahan ajar. Kelompok audio visual guru memberikan media berupa materi dari youtube dan kelompok kinestetik guru menyediakan permainan kartu tentang pembelajaran yang dipelajari. Berdasarkan gaya belajar tersebut siswa memahami materi yang dipelajari. Pada kegiatan penutup guru memberikan penguatan terhadap yang didiskusikan oleh siswa supaya siswa tidak salah memahami konsep yang dipelajari. Evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu menggunakan asesment formatif dan sumatif. Asesmen formatif diserahkan kepada guru bidang studi masing-masing, seperti : kuis, tugas menjawab soal, penilaian diskusi kelompok dan penilaian harian. Sedangkan asesment sumatif, berupa penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.