Abstract:
ABSTRAK Adhisty Mutiara Pratiwi, Nim 1930104002, judul skripsi “Factors Contributing to Students Participation in Classroom Discussion in Introduction to Linguistics Course” Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelas menimbulkan keingintahuan peneliti untuk mengetahui faktor apa yang berkontribusi terhadap partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas pada matakuliah Introduction to Linguistics. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase dari masing-masing faktor yang berkontribusi terhadap partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas pada mata kuliah Introduction to Linguistics, dan untuk mengetahui faktor dominan yang berkontribusi terhadap partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas pada mata kuliah Introduction to Linguistics. Penelitian ini menggunakan metode quantitative dengan survey research design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan Introduction to Linguistics yang berjumlah 72 mahasiswa, dengan teknik pemilihan sample yaitu simple random sampling. Sample penelitian ini berjumlah 57 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berbentuk questionnaire dengan skala likert. Questionnaire diujikan kepada 15 orang sample. Hasil validasi dihitung dengan menggunakan SPSS 20 menunjukkan 33 item valid dan 1 item tidak valid. Instrumennya reliable dengan indeks Cronbach Alpha 0.903 berada pada kategori excellent reliability. Peneliti menggunakan teori dari Sugiyono (2013) untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase dari masing-masing faktor yang berkontribusi terhadap partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas pada mata kuliah Introduction to Linguistics yaitu, pada classroom factors 82.8%, students personality factors 85.2%, lecturer and teacher traits 88.86%, classmates factors 87.55%, engaging class content 86.7%, semester level factor 68.8%. Faktor dominan yang berkontribusi terhadap partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelas pada mata kuliah Introduction to Linguistics yaitu, lecturer and teacher traits 88.86%.