Abstract:
ABSTRAK Nur Khairani, NIM 1930111059 judul skripsi “Pelaksanaan Metode Keteladanan dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penulisan skripsi ini berdasarkan fenomena dalam penelitian ini berkaitan dengan bagaimana pelaksanaan metode keteladanan dalam pembentukan karakter siswa. Penulis memberikan pertanyaan penelitian yaitu bagaimana pelaksanaan metode keteladanan dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dan bagaimana evaluasi pelaksanaan metode keteladanan dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode keteladanan dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan metode keteladanan dan dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, penjaga kantin, dan peserta didik SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dan data sekunder yakni referensi buku, teori, dan internet. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa : (1) Pelaksanaan metode keteladanan dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar yaitu pelaksanaan program 5 S, pelaksanaan mengajarkan sikap kejujuran, disiplin, kebersihan dan kerapian, taat beribadah dan tata cara berpakaian berjalan dengan sangat baik sehingga karakter peserta didik di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dapat dijadikan contoh oleh peserta didik lainnya. (2) Evaluasi pelaksanaan metode keteladanan dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar yaitu guru tetap melaksanakan metode keteladanan secara kontinue sampai karakter peserta didik perlahan berubah menjadi lebih baik. ABSTRACT Nur Khairani, NIM 1930111059 thesis title "The Implementation of the Exemplary Methods in Establishing Students Character At SDIT Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar". Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teaching Science (FTIK) State Islamic University (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. The writing of this thesis is based on the phenomenon in this study related to how the exemplary method is implemented in the formation of student character. The author provides research questions, namely how to implement the exemplary method in building student character at SDIT Batusangkar Grand Mosque Floor and how to evaluate the implementation of exemplary methods in building student character at SDIT Batusangkar Grand Mosque Floor. The purpose of this study was to find out how to implement the exemplary method in building student character at SDIT Batusangkar Grand Mosque Floor and to find out how to evaluate the implementation of exemplary methods and in building student character at SDIT Batusangkar Grand Mosque Floor. Writing this thesis using a type of descriptive research using qualitative methods. The data sources for this study were primary data sources, namely school principals, teachers, canteen attendants, and students at SDIT Raya Mosque, Batusangkar Floors, and secondary data, namely book references, theory, and the internet. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation. While the data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study can be described as follows: (1) The implementation of the exemplary method in building student character at SDIT Masjid Raya Batu Batusangkar Floor, namely the implementation of the 5S program, the implementation of teaching honesty, discipline, cleanliness and neatness, obedience to worship and dress code goes very well good so that the character of the students at SDIT Masjid Raya Floor Batusangkar can be used as an example by other students. (2) Evaluation of the implementation of the exemplary method in the formation of student character at SDIT Great Mosque of Batusangkar Floor, that is, the teacher continues to carry out the exemplary method continuously until the character of the students slowly changes for the better.