Abstract:
NERIC STRUKTURES OF NARRATIVE TEXT COMPOSED BY STUDENTS’ (A Study of the Ninth Grade Students of SMPN 3 Rambatan Registered in 2018/2019 Academic Year)”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum ditemukannya masalah dalam menulis struktur teks naratif yang ditulis oleh siswa kelas IX SMPN 3 Rambatan tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks naratif yang ditulis siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berbentuk content analysis. Data penelitiannya adalah struktur teks naratif yang terdiri dari orientasi, konflik, resolusi, dan nilai moral. Sumber penelitiannya adalah 39 dokumen karangan naratif siswa pada latihan belajar bahasa Inggris materi naratif teks. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan tabel teori struktur karangan naratif. Peneliti memfokuskan pada struktur teks naratif, yakni menganalisis orientasi, konflik, resolusi, dan nilai moral yang ada. Teori analisis isi dari Chelimsky (1989) digunakan sebagai teknik analisis data penelitian ini yang terdiri dari 6 langkah, yakni: (1) memutuskan untuk menggunakan analisis isi, (2) menentukan bahan apa yang harus dimasukkan dalam analisis isi, (3) memilih bagian yang akan dianalisis, (4) mengembangkan kategori pengkodean, (5) mengkode seluruh bahan, (6) menganalisis dan menginterpretasikan hasil penelitian.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa pertama: penulisan orientasi terdapat tiga puluh sembilan karangan yang terdiri dari tentang apa cerita tersebut, siapa pemeran dalam cerita tersebut, dimana cerita tersebut terjadi, dan kapan cerita itu terjadi. Kedua: penulisan konflik terdapat tiga puluh empat karangan yang menulis konflik yang terjadi antara pemeran dengan alam, tiga puluh Sembilan karangan yang menulis konflik yang terjadi antara pemeran dan pemeran lainnya, dan tiga puluh enam karangan yang menulis konflik yang terjadi antara pemeran dengan dirinya sendiri. Ketiga: terdapat enam karangan yang menulis resolusi atau pemecahan masalah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kekurangan dalam menulis struktur teks naratif pada teks naratif yang dibuat oleh siswa kelas IX SMPN 3 Rambatan, yaitu kekurangan dalam menulis, konflik dan resolusi (pemecahan masalah).