Abstract:
Aisha Satira Ardhi NIM 1830109001 (2023) Judul Skripsi: “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Hafalan Surah Pendek Pada Anak Usia Dini Di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awaliyyah Koto Tuo Limapuluh Kota” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar (UIN). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal surah pendek Al-Qur'an bagi anak usia dini di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Masjid Istighfar. Metode talaqqi merupakan pendekatan pembelajaran Al-Quran yang melibatkan pengulangan dan pengoreksian secara berulang-ulang untuk memperkuat hafalan ayat-ayat Al-Quran. Penelitian ini fokus pada tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal Al-Qur'an bagi anak usia dini?, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan menghafal Al-Qur'an menggunakan metode talaqqi?, dan (3) Bagaimana evaluasi metode talaqqi dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an pada siswa MDTA Masjid Istighfar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen terkait perencanaan pembelajaran di MDTA Masjid Istighfar. Dalam perencanaan metode talaqqi, guru mengidentifikasi tujuan pembelajaran, menyesuaikan materi dengan usia dan tingkat kemampuan anak usia dini, serta merancang langkah-langkah pengulangan dan pengoreksian dalam proses menghafal Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan menghafal Al-Qur'an dengan metode talaqqi dilakukan melalui tahapan pengenalan bacaan, demonstrasi bacaan oleh guru sebagai model, dan partisipasi aktif anak dalam mengulang bacaan secara berulang-ulang. Guru memberikan pengoreksian secara lembut dan memberikan contoh model bacaan yang benar bagi anak-anak yang mengalami kesulitan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode talaqqi memiliki keunggulan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini di MDTA Masjid Istighfar. Metode ini menawarkan pendekatan yang sistematis dan berulang dalam memperkuat hafalan dan pemahaman Al-Qur'an. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode talaqqi memiliki keunggulan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini di MDTA Masjid Istighfar. Metode ini menawarkan pendekatan yang sistematis dan berulang dalam memperkuat hafalan dan pemahaman Al-Qur'an.