Publikasi IAIN Batusangkar

Bahasa Indonesia (2 SKS) 1 23-TMM-B WILDA FATHIA, M.Pd, Senin, 10.35 s.d 12.15

Bahasa Indonesia (2 SKS) 1 23-TMM-B WILDA FATHIA, M.Pd, Senin, 10.35 s.d 12.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan (Tadris) Matematika
Kode Matakuliah IBS201
Nama Matakuliah Bahasa Indonesia
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan WILDA FATHIA, M.Pd
Peserta Perkuliahan 2030105031 - PUTRI YUANDA,
2330105020 - MIFTAHUL HAYATI,
2330105021 - MIFTAHUL JANNAH,
2330105022 - MIFTAHUL RISKA,
2330105023 - MUHAMMAD ZAKKI,
2330105024 - MUHAMMAD ZAKY PRATAMA,
2330105025 - MUTIA MAKHFIROH,
2330105026 - NOFITA FITRIANI,
2330105027 - NURUL RAHMAINI,
2330105028 - RAHMANTYA ZAHRAWATI,
2330105029 - RANGGA OKTRIAN,
2330105030 - RANI RAUDHATUL JANNAH,
2330105031 - RIEZKIAH DZULKA,
2330105032 - SAKIA EKA PUTRI,
2330105033 - SALSABILA OGYLVA CHANDRA,
2330105034 - SHINTA PUTRI ANDINI,
2330105035 - SINTA TALIA,
2330105036 - VIO TERESHA ALVIONA EDLIN,
2330105037 - VISKA NABILA,
2330113001 - DIVA ELFIONISA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Bahasa Indonesia ini berisi materi kebahasaan yang menunjang kompetensi mahasiswa dalam pemakaian bahasa ragam baku ilmiah untuk menulis karya ilmiah secara baik dan benar terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal dan nilai keislaman, sehingga dapat dijadikan sebagai penunjang bagi mahasiswa mengembangkan keterampilan berbahasa yang terintegrasi nilai keislaman dan kearifan lokal

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari di lingkup masyarakat dan di ranah komunikasi ilmiah.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan proses penalaran ilmiah khususnya terampil dalam memilih kalimat efektif yang tepat, mahir menulis paragraf yang baik, serta mampu merancang tulisan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah (laporan, makalah, tugas akhir, artikel ilmiah, dan skripsi) sesuai dengan kaidah penulisan

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mampu menjelaskan tentang hakikat dan sejarah bahasa Indonesia,
membandingkan kedudukan bahasa Indonesia, dan merumuskan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, serta menunjukkan prinsip berkomunikasi menurut alquran pada materi pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan hal berikut.
1. Ketepatan dalam mengisi kuis pra-perkuliahan
2. Ketepatan menjelaskan hakikat bahasa Indonesia
3. Ketepatan menjelaskan sejarah perkembangan bahasa Indonesia
4. Ketepatan menghubungkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia
5. Ketepatan dalam menganalisis Alquran terkait penggunaan Bahasa
a. Kontrak Perkuliahan
b. Pentingnya Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi
c. Hakikat Bahasa dan Sejarah
d. Perkembangan Bahasa Indonesia
e. Keduduan dan Fungsi Bahasa Indonesia
Tanya jawab, diskusi, discovery learning Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang sejarah bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan dan ulasan singkat tentang sejarah, fungsi bahasa Indonesia, menganalis ayat-ayat alquran berkenaan dengan penggunaan bahasa dalam berkomunikasi

• Tugas 2: mengkaji dan mensarikan video prinsip berkomuniasi menurut alquran
Link:
https://www.youtube.com/watch?v=-dFnG5MG7No
lain sebagainya
1. Abidin, Yunus, et al. (2018). Kemahiran Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Atmazaki. 2009. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.
3. Atmazaki. 2007. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar.Padang: Citra Budaya
4. Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional bangsa Indonesia. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23-29.
5. Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(1), 114-119.
6. Ermanto dan Emidar. (2010). Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Padang: UNP Press.
Wijono. Hs. (2011). Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Mindmap Sejarah Bahasa Indones... Audio Video
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 11 Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 16 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswaw mampu menjelaskan dan menganalisis sejarah bahasa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS201-Bahasa Indonesia (2 SKS), Semester: 1 23-TMM-B, Dosen : WILDA FATHIA, M.Pd, Hari: Senin, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan (Tadris) Matematika

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Umpan RSS