Abstract:
STUDENTS’ ABILITY IN WRITING INVITATION CARD (A Study of The Eighth Grade Students of MTsN Lawang Mandahiling Registered in 2015/2016 Academic Year)
Masalahan dalam penelitian ini adalah belum teridentifikasanya kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis kartu undangan berbahasa inggris dengan benar dan tepat, sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan siswa dalam menulis kartu undangan berbahasa inggris di MTsN Lawang Mandahiling.
Penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII di MTsN Lawang Mandahiling. Tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 101 orang yang berasal dari empat kelas paralel. Sampel dari penelitian ini adalah 83 orang, pada saat tes dilaksanakan siswa yang hadir hanya 81 orang, jadi total sampel pada penelitian ini adalah 81 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan tes menulis (writing test). Tulisan kartu undangan yang di buat harus memenuhi lima indikator, yaitu grammar, vocabulary, mechanics, fluency, and form (organization). Untuk mengetahui validitas, maka tes dirancang berdasarkan silabus. Untuk melihat reliabilitasnya dengan menggunakan intra rater scoring, dan untuk mengetahui korelasinya dengan menggunakan rumus product moment dari Anas Sudijono. Dari tes menulis, maka diketahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis kartu undangan. Setelah di ambil data, penulis menganalisa data dengan cara memberi simbol pada setiap indikator penilaian. Selanjutnya, menilai tes menulis siswa berdasarkan indikator prnilaian dan menginterpretasi data dengan menggunakan rumus dari Anas Sudijono.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa kemampuan siswa kelas VIII MTsN Lawang Mandahiling Tahun Ajaran 2015/2016 dalam menulis kartu undangan secara umum dikategorikan sedang, dengan nilai rata-rata 67,5. Secara khusus berdasarkan grammar, dari kartu undangan kemampuan siswa pada level sedang, dengan nilai rata-rata 70,14. Adapun berdasarkan vocabulary dari kartu undangan kemampuan siswa pada level sedang, dengan nilai rata-rata 64,88. Kemudian berdasarkan mechanics dari kartu undangan kemampuan siswa pada level rendah, dengan nilai rata-rata 63,62. Selanjutnya berdasarkan fluency dari kartu undangan kemampuan siswa pada level sedang, dengan nilai rata-rata 67,68. Sedangkan berdasarkan form (organization) dari kartu undangan kemampuan siswa pada level sedang, dengan nilai rata-rata 68,56