Publikasi IAIN Batusangkar

Kapita Selekta Fikih (3 SKS) 3 22-PIAUD-A Wardatun Nabilah, M.H K.5.2, Selasa, 09.45 s.d 12.15

Kapita Selekta Fikih (3 SKS) 3 22-PIAUD-A Wardatun Nabilah, M.H K.5.2, Selasa, 09.45 s.d 12.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah IBS105
Nama Matakuliah Kapita Selekta Fikih
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Wardatun Nabilah, M.H
Peserta Perkuliahan 2230109002 - AISYAH SAFNA,
2230109003 - ALFIRA MARFIYENTI,
2230109004 - AMELIA FITRI,
2230109005 - AZIZAHTIL MARDIAH,
2230109006 - CHAIRUNNISSA DWI YANTI,
2230109007 - CHIARA AFIFAH,
2230109008 - ENJI NOVITA SARI,
2230109009 - FADILLAH SOFIATUL UMMAH,
2230109010 - FAJRIA NOVITA,
2230109012 - FEBRI MAIZUL RESHA,
2230109013 - FIRNA FANWINATA,
2230109014 - HAFIZAH GUSTIA SAFITRI,
2230109015 - JULIA FITRI,
2230109016 - KHAIRUNNISA,
2230109017 - LAILATUL FADHILAH,
2230109018 - LARA MENTARI JELITA PUTRY,
2230109019 - MILA KARLAINI,
2230109021 - NIA DANIATI,
2230109022 - NUR HALIFAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Kapita Selekta Fiqh ini membahas tentang fikih ibadah yang meliputi thaharah, shalat, puasa, zakat dan pelaksanaan ibadah haji, serta menjelaskan masalah munakahat yang terdiri dari jual beli, riba dan syirkah. Dalam bidang perkawinan membahas konsep dasar perkawinan, perkawinan terlarang, hak dan kewajiban, putus perkawinan dan poligami. Dilanjutkan dengan masalah akikah dan qurban. Mata kuliah ini juga membahas bidang muamalah menjelaskan jual beli, kerjasama syirkah dan mudharabah. Selain itu juga dibahas mengenai bank dan riba dan jinayah.

3. Capaian / Kompetensi

Materi / bahan kajian MK:
1. Konsep dasar Fikih: definisi fikih berdasarkan kepada pendapat beberapa ulama, objek kajian fikih dan kedudukan fikih dalam ajaran Islam.
2. Fiqih Ibadah I (Thaharah) : definisi thaharah dan landasan hukumnya dalam ajaran Islam, ketentuan dan tata cara mandi, ketentuan dan tata cara wudhu, serta ketentuan dan tata cara tayammum.
3. Fiqih Ibadah II (Shalat Fardhu) : pengertian, rukun dan syarat shalat, sunnat-sunnat shalat, keringanan dalam melaksanakan shalat dan tata cara pelaksanaan shalat.
4. Fiqih Ibadah III (Shalat Jamaah, Jamak dan Qashar) : ketentuan tentang shalat jama’ah, jama dan qashar, hukum, ketentuan serta tata cara pelaksanaannya.
5. Fiqih Ibadah IV (Puasa): pengertian dan syarat puasa, hal-hal yang dapat membatalkan puasa, keringanan dalam puasa dan puasa sunat dan keutamaannya.
6. Fiqih Ibadah V (Zakat) : pengertian dan landasan hukum zakat, hikmah zakat, mustahik zakat, dan macam- macam dan cara perhitungan zakat serta memahami perbedaan zakat dan pajak dalam Islam
7. Fiqih Ibadah VI (Aqiqah dan Kurban) : konsep dasar aqiqah dan kurban, landasan hukumnya, hikmah aqiqah dan kurban serta ketentuan dan tata cara aqiqah dan kurban dalam Islam.
8. Konsep Dasar Perkawinan I: pengertian dan dasar hukum perkawinan, rukun dan syarat perkawinan, tujuan perkawinan, menjelaskan tentang mahar.
9. Konsep Dasar Perkawinan II: perkawinan yang diharamkan, wanita yang haram dinikahi, hak dan kewajiban suami isteri dalam perkawinan.
10. Konsep Dasar Perkawinan III: bentuk-bentuk putusnya perkawinan, akibat putusnya perkawinan, iddah dan ruju, serta poligami dan landasan hukumnya dalam Islam
11. Muamalah I: pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk-bentuk Jual beli, syirkah dan mudharabah.
12. Muamalah II : pengertian, dasar hukum, hukum, macam-macam Riba dan Gharar
13. Muamalah III : konsep dasar Bank Konvensional dan Bank Syariah, pandangan Islam tentang bank
14. Jinayah : konsep dasar hukum pidana Islam serta ruang lingkupnya, Jarimah Hudud dan Ta’zir dalam Islam serta bentuk – bentuk Hudud dan Ta’zir.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mampu memahami ketentuan perkuliahan selama 1 semester kedepan dan pengenalan mata kuliah Kapita Selekta Fiqih Mahasiswa memahami ketentuan perkuliahan selama 1 semester kedepan dan pengenalan mata kuliah Kapita Selekta Fiqih RPS • Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
[PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit RPS
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mampu mengetahui definisi fikih berdasarkan kepada pendapat beberapa ulama, objek kajian fikih dan kedudukan fikih dalam ajaran Islam serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya yang menunjukkan adanya isyarat kaitan kajian fiqih dengan pendidikan anak usia dini. 1. Ketepatan menjelaskan definisi fikih berdasarkan kepada pendapat beberapa ulama
2. Ketepatan menjelaskan objek kajian fikih
3. Ketepatan menjelaskan kedudukan fikih dalam ajaran Islam
4. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahan yang menunjukkan adanya isyarat kaitan kajian fiqih dengan pendidikan anak usia dini.
Definisi fikih berdasarkan kepada pendapat beberapa ulama, objek kajian fikih dan kedudukan fikih dalam ajaran Islam serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya yang menunjukkan adanya isyarat kaitan kajian fiqih dengan pendidikan anak usia dini. • Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
[PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :1 Tugas Kel 1 Resume 1 Audio Video
3 Mampu menjelaskan definisi thaharah dan landasan hukumnya dalam ajaran Islam, menjelaskan ketentuan dan tata cara mandi, menjelaskan ketentuan dan tata cara wudhu, dan menjelaskan ketentuan dan tata cara tayammum serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya mengenai kaitan kajian thaharah dengan pendidikan anak usia dini. 1. Ketepatan menjelaskan definisi thaharah dan landasan hukumnya dalam ajaran Islam
2. Ketepatan menjelaskan ketentuan dan tata cara mandi
3. Ketepatan menjelaskan ketentuan dan tata cara wudhu
4. Ketepatan menjelaskan ketentuan dan tata cara tayammum
5. Ketepatan menunjukkan ayat Al-Quran mengenai kaitan kajian thaharah dengan pendidikan anak usia dini.
Definisi thaharah dan landasan hukumnya dalam ajaran Islam, menjelaskan ketentuan dan tata cara mandi, menjelaskan ketentuan dan tata cara wudhu, dan menjelaskan ketentuan dan tata cara tayammum serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya mengenai kaitan kajian thaharah dengan pendidikan anak usia dini. • Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
[PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan analisis pada tugas pengamatan (Pengamatan Wudhu)
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Tugas Kel 2 Resume 2 Audio Video
4 Mampu menjelaskan dan menunjukkan pengertian, rukun dan syarat shalat, sunnat-sunnat shalat, keringanan dalam melaksanakan shalat dan tata cara pelaksanaan shalat serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang adanya isyarat kaitan kajian shalat dengan pendidikan anak usia dini. 1. Ketepatan menjelaskan pengertian shalat
2. Ketepatan menjelaskan rukun dan syarat shalat
3. Ketepatan menjelaskan sunnat-sunnat shalat
4. Ketepatan menjelaskan keringanan dalam melaksanakan shalat
5. Ketepatan menjelaskan tata cara pelaksanaan shalat fardhu
6. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang adanya isyarat kaitan kajian shalat dengan pendidikan anak usia dini.
Pengertian, rukun dan syarat shalat, sunnat-sunnat shalat, keringanan dalam melaksanakan shalat dan tata cara pelaksanaan shalat serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang adanya isyarat kaitan kajian shalat dengan pendidikan anak usia dini. • Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan analisis pada tugas pengamatan (Pengamatan bacaan shalat teman sejawat)
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tugas Kel 3 Resume 3 Tugas Shalat Audio Video
5 Mampu mencermati dan menunjukkan ketentuan tentang shalat jama’ah, jama dan qashar, hukum, ketentuan serta tata cara pelaksanaannya serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian shalat jamaah dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan tentang tata cara salat berjamaah
2. Ketepatan menjelaskan pengertian dan dasar hukum, hukum serta jarak tempuh dibolehkan salat jamak dan qasar
3. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian shalat jamaah dengan pendidikan anak usia dini.
1. Tata cara salat berjamaah
2. Pengertian dan dasar hukum, hukum serta jarak tempuh dibolehkan salat jamak dan qasar
3. Ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian shalat jamaah dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tugas Kel 4 Resume 4 Audio Video
6 Mampu memerinci dan menunjukkan pengertian dan syarat puasa, hal-hal yang dapat membatalkan puasa, keringanan dalam puasa dan hal-hal menyebabkan wajib qadha dan kaffarat serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian puasa dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan merinci pengertian dan syarat puasa
2. Ketetapan merincikan hal-hal yang dapat membatalkan puasa
3. Ketepatan memerinci keringanan dalam puasa
4. Ketepatan menjelaskan hal-hal menyebabkanwajib qadha dan kaffarat
5. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian puasa dengan pendidikan anak usia dini.
1. Pengertian dan syarat puasa pada makalah
2. Hal-hal yang dapat membatalkan puasa
3. Keringanan dalam puasa
4. Hal-hal menyebabkan wajib qadha dan kaffarat
5. Ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian puasa dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tugas Kel 5 Resume 5 Audio Video
7 Mampu mengklasifikasi pengertian dan landasan hukum zakat, hikmah zakat, mustahik zakat, macam- macam zakat serta cara perhitungannya, memahami perbedaan zakat dan pajak dalam Islam serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian zakat dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan pengertian dan landasan hukum zakat
2. Ketepatan menjelaskan hikmah zakat
3. Ketepatan merincikan mustahik zakat
4. Ketepatan menjelaskan macam- macam zakat serta cara perhitungan
5. Ketepatan memahami perbedaan zakat dan pajak dalam Islam
6. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang zakat
1. Pengertian dan landasan hukum zakat pada makalah
2. Hikmah zakat
3. Mustahik zakat
4. Macam- macam zakat serta cara perhitungan
5. Perbedaan zakat dan pajak dalam Islam
6. Ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang zakat
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tugas Kel 6 Resume 6 Audio Video
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjawab soal UTS Soal UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Soal UTS Soal UTS
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mampu menjelaskan dan memerinci tentang konsep dasar aqiqah dan kurban, landasan hukumnya, hikmah aqiqah dan kurban serta ketentuan dan tata cara aqiqah dan kurban dalam Islam serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya ayat tentang kaitan kajian aqiqah dan kurban dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan konsep dasar aqiqah dan kurban
2. Ketepatan menjelaskan landasan hukum
3. Ketepatan menjelaskan hikmah aqiqah dan kurban
4. Tata cara aqiqah dan kurban dalam Islam
5. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya ayat tentang kaitan kajian aqiqah dan kurban dengan pendidikan anak usia dini.
1. Konsep dasar aqiqah dan kurban
2. Landasan hukum
3. Hikmah aqiqah dan kurban hubungan
4. Tata cara aqiqah dan kurban dalam Islam
5. Ayat al Qur’an dan terjemahannya ayat tentang kaitan kajian aqiqah dan kurban dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mampu menjelaskan dan memerinci pengertian dan dasar hukum perkawinan, rukun dan syarat perkawinan, tujuan perkawinan, menjelaskan tentang mahar serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian perkawinan Islam dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan pengertian dan dasar hukum perkawinan
2. Ketepatan merincikan rukun dan syarat perkawinan
3. Ketepatan menjelaskan tujuan perkawinan
4. Ketepatan menjelaskan tentang mahar
5. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian perkawinan Islam dengan pendidikan anak usia dini.
1. Pengertian dan dasar hukum perkawinan
2. Rukun dan syarat perkawinan
3. Tujuan perkawinan
4. Mahar
5. Ayat al Qur’an dan terjemahan tentang kaitan kajian perkawinan Islam dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan analisis pada tugas pengamatan (Pengamatan jenis mahar di lingkungan asal masing-masing)
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mampu menjelaskan, memerinci dan menjelaskan perkawinan yang diharamkan, wanita yang haram dinikahi, hak dan kewajiban suami isteri serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian wanita yang haram dinikahi dalam Islam dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan perkawinan yang diharamkan
2. Ketepatan merincikan wanita yang haram dinikahi
3. Ketepatan menjelaskan hak dan kewajiban suami isteri
4. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian wanita yang haram dinikahi dalam Islam dengan pendidikan anak usia dini.
1. Perkawinan yang diharamkan
2. Wanita yang haram dinikahi
3. Hak dan kewajiban suami isteri
4. Ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian wanita yang haram dinikahi dalam Islam dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mampu menjelaskan dan memerinci pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk-bentuk jual beli, syirkah dan mudharabah serta membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian jual beli, syirkah dan mudharabah dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk-bentuk jual beli
2. Ketepatan menjelaskan pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk-bentuk Syirkah
3. Ketepatan menjelaskan pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk mudharabah
4. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian jual beli, syirkah dan mudharabah dengan pendidikan anak usia dini.
1. Pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk-bentuk jual beli
2. Pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk-bentuk Syirkah
3. Pengertian, dasar hukum, rukun, dan bentuk mudharabah
4. Ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian jual beli, syirkah dan mudharabah dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mampu menjelaskan dan memerinci pengertian, dasar hukum, macam-macam Riba dan Gharar serta Membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian riba dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan pengertian riba
2. Ketepatan menjelaskan dasar hukum riba
3. Ketepatan menjelaskan macam-macam Riba
4. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahan tentang kaitan kajian riba dengan pendidikan anak usia dini.
1. Pengertian riba dan Gharar
2. Dasar hukum riba dan Gharar
3. Macam-macam Riba dan Gharar
4. Ayat al Qur’an dan terjemahan tentang kaitan kajian riba dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mampu menjelaskan dan memerinci konsep dasar Bank Konvensional dan Bank Syariah, pandangan Islam tentang bank serta Membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian bank dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan pengertian Bank Konvensional dan Bank Syariah
2. Ketepatan menjelaskan pandangan Islam tentang bank
3. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahan tentang kaitan kajian bank dengan pendidikan anak usia dini.
1. Pengertian Bank Konvensional dan Bank Syariah
2. Pandangan Islam tentang bank Macam-macam Riba
3. Ayat al Qur’an dan terjemahan tentang kaitan kajian bank dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mampu menjelaskan dan memerinci konsep dasar hukum pidana Islam serta ruang lingkupnya, Jarimah Hudud dan Ta’zir dalam Islam serta bentuk – bentuk Hudud dan Ta’zir serta Membaca ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian hudud dengan pendidikan anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : 1. Ketepatan menjelaskan konsep dasar hukum pidana Islam serta ruang lingkupnya
2. Ketepatan menjelaskan Jarimah Hudud dan Ta’zir dalam Islam
3. Ketepatan menjelaskan bentuk Hudud dan Ta’zir
4. Ketepatan menunjukkan ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian hudud dengan pendidikan anak usia dini.
1. Konsep dasar hukum pidana Islam serta ruang lingkupnya
2. Jarimah Hudud dan Ta’zir dalam Islam
3. Bentuk Hudud dan Ta’zir
4. Ayat al Qur’an dan terjemahannya tentang kaitan kajian hudud dengan pendidikan anak usia dini.
• Kuliah
• Diskusi
[TM: 1 mgg x (3 sks x 50”)]
• Tugas 1: Merincikan materi pada makalah serta
• Tugas 2: mengkaji dan menemukan ayat al-Quran sesuai materi
• [PT + BM : (1 + 1) mgg x (2 sks x 60”)]
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan komponen makalah
• Ketepatan materi yang disajikan sesuai indikator
• Ketepatan dalil yang disajikan
• Kejelasan resume materi
Tercantum dalam RPS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjawab soal UAS Soal UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Soal UAS Soal UAS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS105-Kapita Selekta Fikih (3 SKS), Semester: 3 22-PIAUD-A, Dosen : Wardatun Nabilah, M.H, Ruang: K.5.2, Hari: Selasa, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Umpan RSS