Abstract:
STUDENTS’ ABILITY IN COMPREHENDING NARRATIVE TEXTS (A Study of the Second Grade Students of MA KM Muhammadiyah Padang Panjang Registered in 2014/2015 Academic Year)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya kemampuan siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah dalam memahami Narrative Texts. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kemampuan siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah Padang Panjang dalam memahami Narrative Texts.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 57 orang. Sampel penelitian ini adalah 45 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes Narrative Texts berbentuk pilihan ganda berjumlah 52 butir. Untuk mengetahui validitas dan realibilitas tes, tes tersebut diujicobakan kepada anggota populasi yang bukan sampel (12 orang). Sehingga diketahui tingkat kesulitan soal dan daya beda soal. Validitas per soal dihitung dengan korelasi Product Moment dan ditemukan 17 soal yang valid, 16 soal yang direvisi dan 19 soal yang tidak valid. Sehingga soal tes menjadi 33 butir.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa kemampuan siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah dalam memahami Narrative Texts adalah very good dengan rata-rata 64.5 %.