Publikasi IAIN Batusangkar

Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah (2 SKS) 1 23-TMM-B Septika Rudiamon, M.Pd. Lokal KII.2, Jum'at, 08.55 s.d 10.35

Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah (2 SKS) 1 23-TMM-B Septika Rudiamon, M.Pd. Lokal KII.2, Jum'at, 08.55 s.d 10.35

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan (Tadris) Matematika
Kode Matakuliah IBS202
Nama Matakuliah Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Septika Rudiamon, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2330105020 - MIFTAHUL HAYATI,
2330105021 - MIFTAHUL JANNAH,
2330105022 - MIFTAHUL RISKA,
2330105023 - MUHAMMAD ZAKKI,
2330105024 - MUHAMMAD ZAKY PRATAMA,
2330105025 - MUTIA MAKHFIROH,
2330105026 - NOFITA FITRIANI,
2330105027 - NURUL RAHMAINI,
2330105028 - RAHMANTYA ZAHRAWATI,
2330105029 - RANGGA OKTRIAN,
2330105030 - RANI RAUDHATUL JANNAH,
2330105031 - RIEZKIAH DZULKA,
2330105032 - SAKIA EKA PUTRI,
2330105033 - SALSABILA OGYLVA CHANDRA,
2330105034 - SHINTA PUTRI ANDINI,
2330105035 - SINTA TALIA,
2330105036 - VIO TERESHA ALVIONA EDLIN,
2330105037 - VISKA NABILA,
2330113001 - DIVA ELFIONISA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini akan memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentang mufradât bahasa Arab yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, serta mahasiswa diharapkan mampu mengungkapkan cerita singkat mengenai perisiwa atau pengalaman sehari-hari dalam bahasa Arab.

3. Capaian / Kompetensi

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL1 (S8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
CPL2 (KU9) Mampu mengkomunikasikan gagasan secara lisan dan tulisan.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK1 Mampu menginternalisasi nilai dan norma (S8)
CPMK2 Mampu mengkomunikasikan gagasan secara lisan dengan bahasa Arab yang baik dan benar (KU9)

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mampu memahami kontrak perkuliahan dengan baik, serta menunjukkan nilai asma al husna. Mampu memahami kontrak perkuliahan dengan baik, serta menunjukkan nilai asma al husna. 1. Kontrak Perkuliahan
2. Bedah RPS
3. Nilai asma al husna yang ada pada materi.
• Kuliah
• Small Group Discussion
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan memahami Kontrak Perkuliahan
2. Ketepatan memahami RPS
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi.
Kriteria: non test
Bentuk:
• Asma al husna yang ada pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Memahami kontrak perkuliahan d... Audio Video :1
2 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Perkenalan (التَّعَارُف); personal, tempat tinggal, keluarga, makanan dan minuman, hobi, dan cita-cita dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menunjukkan nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Perkenalan (التَّعَارُف); personal, tempat tinggal, keluarga, makanan dan minuman, hobi, dan cita-cita dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menunjukkan nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Perkenalan (التَّعَارُف); personal, tempat tinggal, keluarga, makanan dan minuman, hobi, dan cita-cita.
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Perkenalan (التَّعَارُف); personal, tempat tinggal, keluarga, makanan dan minuman, hobi, dan cita-cita.
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Perkenalan (التَّعَارُف); personal, tempat tinggal, keluarga, makanan dan minuman, hobi, dan cita-cita.
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
3 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Riwayat Pendidikan (التّارِيْخ التّرْبَوِي); TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menunjukkan nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Riwayat Pendidikan (التّارِيْخ التّرْبَوِي); TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menunjukkan nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Pendidikan (التّارِيْخ التّرْبَوِي); TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Pendidikan (التّارِيْخ التّرْبَوِي); TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi.
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Pendidikan (التّارِيْخ التّرْبَوِي); TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi/Fakultas/Program Studi.
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi.
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
4 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Sekolah (في المدرسة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Sekolah (في المدرسة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Sekolah (في المدرسة)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Sekolah (في المدرسة).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Sekolah (في المدرسة).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
5 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Universitas (في الجامعة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menunjukkan nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Universitas (في الجامعة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta menunjukkan nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Universitas (في الجامعة)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Perkenalan (التَّعَارُف); personal, tempat tinggal, keluarga, makanan dan minuman, hobi, dan cita-cita.
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi.
Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Universitas (في الجامعة).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
6 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Rumah (في البيت) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Rumah (في البيت) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Rumah (في البيت)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Rumah (في البيت).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Rumah (في البيت).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
7 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Pasar (في السوق) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Pasar (في السوق) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Pasar (في السوق)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Pasar (في السوق).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Pasar (في السوق).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi.
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjawab soal dengan baik. Soal UTS Mengerjakan soal UTS Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjawab soal dengan baik.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Rumah Sakit (في المستشفى) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Rumah Sakit (في المستشفى) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Rumah Sakit (في المستشفى)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Rumah Sakit (في المستشفى).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Rumah Sakit (في المستشفى).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
10 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Masjid (في المسجد) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Masjid (في المسجد) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Masjid (في المسجد)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Masjid (في المسجد).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Masjid (في المسجد).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
11 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Terminal (في المحطّة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Di Terminal (في المحطّة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Di Terminal (في المحطّة)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Terminal (في المحطّة).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Di Terminal (في المحطّة).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
12 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Indonesia (الإنْدَوْنِيْسِيَا) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Indonesia (الإنْدَوْنِيْسِيَا) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Indonesia (الإنْدَوْنِيْسِيَا)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Indonesia (الإنْدَوْنِيْسِيَا).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Indonesia (الإنْدَوْنِيْسِيَا).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
13 Mampu
Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Olahraga (الرِّيَاضَة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi.
Mampu
Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Olahraga (الرِّيَاضَة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi.
1. Olahraga (الرِّيَاضَة)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Olahraga (الرِّيَاضَة).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Olahraga (الرِّيَاضَة).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
14 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Kesenian (الفُنُوْن) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Kesenian (الفُنُوْن) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Kesenian (الفُنُوْن)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Kesenian (الفُنُوْن).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Kesenian (الفُنُوْن).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
15 Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Bahasa (اللُّغَة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. Mampu merancang dan mendemonstrasikan cerita singkat berbahasa Arab serta menemukan mufradat tentang Bahasa (اللُّغَة) dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta memilih dan menanamkan satu nilai asma al husna yang ada pada materi. 1. Bahasa (اللُّغَة)
2. Menemukan mufradat terkait materi.

[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
• Kuliah
• Self-Directed Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit 1. Ketepatan mendemonstrasikan cerita singkat tentang Bahasa (اللُّغَة).
2. Ketepatan menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
3. Ketepatan menunjukkan asma al husna pada materi. Kriteria: non test
Bentuk:
• Kelengkapan tugas mendemonstrasikan cerita singkat tentang Bahasa (اللُّغَة).
• Kelengkapan tugas tentang menemukan dan menghafal mufradat terkait materi.
• Bacaan Asma al husna yang terkait pada materi
Utama :
1. ‘Abdu al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan, dkk, Al-‘Arabiyah Bayna Yadaik 1, Riyadh: Al-Maktab Al-Ranish Al-‘Arabiyah Lil Jâmi’, 2007
2. Ahmad Thib Raya, Bahasa Arab Elementer, Jakarta: Qaf Academy, 2016
3. كتب الدروس اللغة العربية
Pendukung :
4. Mahmud Ismail, Al-‘Arabiyah Li Nasyiin 1, Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah Al-Sa’udiyah, 1983
5. Azhar Arsyad, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008
6. Nurul Murtadho, Bahasa Arab Jurnalistik, Malang: Lisan Arabi Media
Catatan Ujian Diskusi Materi mengklasifikasikan mufradat te... Audio Video :1
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjawab soal dengan baik. Soal UAS Mengerjakan soal UAS Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjawab soal dengan baik.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS202-Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah (2 SKS), Semester: 1 23-TMM-B, Dosen : Septika Rudiamon, M.Pd., Ruang: Lokal KII.2, Hari: Jum'at, 08.55 s.d 10.35, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan (Tadris) Matematika

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Umpan RSS