Abstract:
STRATEGIES APPLIED BY ENGLISH TEACHERS IN EXPANDING STUDENT TALK IN CLASSROOM INTERACTION (A Study of State Senior High School English Teachers in Tanah Datar Regency)
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi yang diterapkan oleh guru-guru bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Tanah Datar dalam mengembangkan penggunaan Bahasa Inggris secara verbal oleh siswa dalam interaksi kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi-strategi yang diterapkan oleh para guru Bahasa Inggris SMA Negeri dalam mengembangkan penggunaan Bahasa Inggris secara verbal oleh siswa dalam interaksi kelas.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan penerapan strategi guru Bahasa Inggris dalam mengembangkan penggunaan Bahasa Inggris secara verbal oleh siswa dalam interaksi kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat belas siswa dan tiga guru Bahasa Inggris dari dua SMA Negeri di Kabupaten Tanah Datar. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode wawancara. Peneliti menggunakan dua alat pengumpul data, yakni camera digital dan handphone. Peneliti kemudian melakukan wawancara terhadap siswa dan guru bahasa Inggris tersebut. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu membandingkan data yang diperoleh dari hasil wawancara siswa dengan hasil wawancara guru.
Dari hasil penelitian ini ditemukan sebelas strategi yang diterapkan oleh guru bahasa inggris dalam mengembangkan penggunaan Bahasa Inggris secara verbal oleh siswa dalam interaksi kelas. Sebelas strategi tersebut adalah: (1) memberikan motivasi, (2) menyatakan pengharapan, (3) membangun keakraban, (4) memberikan umpan balik yang bermakna, (5) menyelenggarakan kegiatan berbasis diskusi, (6) menggunakan materi yang menarik, (7) menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, (8) menanyakan pertanyaan terbuka, (9) membangun lingkungan yang mendukung, (10) menggunakan bahasa tubuh, dan (11) memperpanjang waktu tunggu bagi siswa untuk merespon pertanyaan/pernyataan guru.