Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | Pendidikan (Tadris) Fisika |
Kode Matakuliah | IBS203 |
Nama Matakuliah | English For Daily Conversation |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MULTI EFRINI, M. Pd |
Peserta Perkuliahan | 2330107001 - AFRIYANDI, 2330107002 - ANIF RAHMAT HIDAYAT, 2330107003 - ARINI, 2330107004 - AULIA PRADITA, 2330107005 - DESVI AMANDA, 2330107006 - DIAN FAJAR AYU, 2330107007 - FITRI NURIZATI, 2330107008 - INTAN FAUZIAH, 2330107009 - LUSIANI, 2330107010 - MIFTA NURJANNAH, 2330107011 - MUHAMMAD FAISAL, 2330107012 - MUHAMMAD IQBAL HARITS, 2330107013 - NIA RAMADANI, 2330107014 - NOOR NABILLAH RIZKI REMAYA, 2330107015 - PUTRI JULIA ENJELIKA, 2330107016 - PUTRI RAUDHATUL ADHA, 2330107017 - REGGY ALFALAH FITRI, 2330107018 - SILVIA YUNI, 2330107019 - THALITA NURUL AISYAH, 2330107020 - WIDIA RIFWA, 2330107021 - ZAHRATUL AINI |
Mata kuliah ini didisain untuk meningkatan kemampuan berkomunikasi mahasiswa dalam Bahasa Inggris terkait dengan aktifitas di lingkungan kampus maupun dalam kehidupan sehari-hari. Materi kuliah ini meliputiAsking and Giving Personal Information, Asking and Giving Help , Asking and Giving Direction, Asking and Giving Opinion and Suggestion , Asking and telling price,Expressing Like-Dislike, Expressing Agreement-Disagreement, Describing someone, Describing an object, Tenses (Past, Continious, Present, Future), dan Telling Daily Activities
1. Mahasiswa mengerti, memahami konsep yang berkenan dengan hakikat bahasa dan memiliki kemampuan berbicara dan mendengar secara teoritis dan praktis
2. Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik, jelas dan akurat terkait aktifitas sehari-hari di lingkungan kampus maupun lingkungan sendiri.
Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Introduction Course outline/ syllabus, Learning contract |
Kesesuaian isi RPS dengan penyampaian | Introduction Course outline/ syllabus, Learning contract |
Mencobakan perkenalan diri berbahasa inggris sebisanya | 2 x 50 menit | Mengingat nama teman sekelas | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
2 | Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Asking and giving personal information / Introducing self | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS |
Asking and giving personal information / Introducing self | Diskusi, role play | 1. Membuat list of personal information tentang diri pribadi dalam berkenalan atau memperkenalkan diri 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang asking and giving personal information bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | Ketepatan menyebutkan tentang ekspresi asking and giving personal informatin, Ketepatan dalam melakukan percakapan tentang ekspresi asking and giving personal informatin, | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
3 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Asking and giving Help | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | Asking and giving Help | Diskusi, role play | 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Asking and giving Help 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Asking and giving Help bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | Ketepatan 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Asking and giving Help dan mempraktekan percakapan tentang Asking and giving Help bersama teman didalam kelas |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
4 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Asking and giving Direction | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | Asking and giving Direction | Diskusi, role play | 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Asking and giving Direction 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Asking and giving Direction bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | Ketepatan dalam Memahami jenis- jenis ekspresi Asking and giving Direction dan Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Asking and giving Direction bersama teman didalam kelas | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
5 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Asking and giving Opinion and suggestion | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | Asking and giving Opinion and suggestion | Diskusi, role play | 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Asking and giving Direction 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Asking and giving Direction bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | Ketepatan dalam Memahami jenis- jenis ekspresi Asking and giving Direction dan ketepatan dalam mempraktekan percakapan tentang Asking and giving Direction bersama teman didalam kelas |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
6 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Asking and Telling Price | Mahasiswa mampu memahami dan mendikusikan materi yang sudah dipelajari | Asking and Telling Price | Diskusi, role play | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
7 | Mahasiswa mampu memahami materi dan Membuat Video percakapan dari materi yang sudah dipelajari secara berkelompok dan di upload di media sosial | Mahasiswa mampu memahami materi dan Membuat Video percakapan dari materi yang sudah dipelajari secara berkelompok dan di upload di media sosial | Material review | Diskusi dan Role play | Membuat percakapan dan Video percakapan dari materi yang sudah dipelajari secara berkelompok dan di upload di media sosial | 2 x 50 menit | Ketepatan percakapan dalam video dengan materi yang sudah diajarkan | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
8 | 8: UTS | Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan materi yang sudah dipelajari | UJIAN TULIS | UTS | 2 x 50 menit | Ketepatan menjawab soal | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
9 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Like and Dislike | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | ekspresi Like and Dislike | Diskusi, role play | 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Like and Dislike 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Like and Dislike bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | ketepatan Memahami jenis- jenis ekspresi Like and Dislike dan Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Like and Dislike bersama teman didalam kelas | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
10 | Mahasiswa mampu mengungkapkan berbaga ekspresi terkait dengan agreement-disagreement | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | agreement-disagreement | Diskusi, Role Play | 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Agreement and Disagreement 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Agreement and Disagreement bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | Ketepatan Memahami jenis- jenis ekspresi Agreement and Disagreement dan mempraktekan percakapan tentang Agreement and Disagreement bersama teman didalam kelas |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
11 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Describing People | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | Describing People | Diskusi, Role Play | 1. Memahami jenis- jenis ekspresi Describing People 2. Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Describing People bersama teman didalam kelas |
2 x 50 menit | Ketepatan Memahami jenis- jenis ekspresi Describing People dan ketepatan Membuat dan mempraktekan percakapan tentang Describing People bersama teman didalam kelas | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
12 | Mahasiswa Mampu menganalisis, memahami dan mengungkapkan berbagai ekspresi tentang Describing Object | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | Describing Object | Diskusi, Role Play | 1. memahami ekspresi tentang Describing Object 2. mengungkapkan ekspresi tentang Describing Object |
2 x 50 menit | Ketepatan memahami ekspresi tentang Describing Object dan ketepatan mengungkapkan ekspresi tentang Describing Object |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
13 | Mahasiswa Mampu memahami, menganalisis penggunaan TENSES (Past, Preent, Future and continious tense) | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | TENSES (Past, Preent, Future and continious tense) | Diskusi, Role Play | 1. Memahami perbedaan structure dan time signal antara TENSES (Past, Preent, Future and continious tense) 2. Membuat dan mengaplikasikan penggunaan TENSES (Past, Preent, Future and continious tense) |
2 x 50 menit | Ketepatan membedakan structure dan time signal antara TENSES (Past, Preent, Future and continious tense) dan ketepatan mengaplikasikan penggunaan TENSES (Past, Preent, Future and continious tense) |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
14 | Mampu memahami dan menganalisis Telling daily Activities | Kesesuaian dialogue dengan indicator yang dijelaskan Kesesuaian isi tugas dengan materi yang di sediakan dan yang ada dalam RPS | Telling daily Activities | Diskusi, Role Play | 1. Memahami kalimat yang digunakan untuk Telling daily Activities 2. Membuat dan mengaplikasikan penggunaan Telling daily Activities |
2 x 50 menit | ketepatan Memahami kalimat yang digunakan untuk Telling daily Activities ketepatan mengaplikasikan penggunaan Telling daily Activities |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
15 | Review dan Praktek (drama) | kesesuaian pemahaman dengan materi yang sudah dipelajari | Review dan Praktek (drama) | Praktek | Membuat dan menampilkan short drama dengan berekelompok | 2 x 50 menit | ketepatan isi dan kalimat dalam drama dengan materi yang sudah dipelajari | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
16 | 16: UAS | Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan / melakukan ujian praktek dengan baik | UAS | UJIAN AKHIR / PRAKTEK | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS203-English For Daily Conversation (2 SKS), Semester: 1 23-TFIS, Dosen : MULTI EFRINI, M. Pd, Ruang: L2.10, Hari: Sabtu, 14.55 s.d 17.05, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan (Tadris) Fisika
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar