Abstract:
ABSTRAK Rikla Fabio, NIM. 1930108067, judul Skripsi: “Pengaruh Bimbingan Kelompok melalui Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Perundungan di SMPN 3 Batusangkar” Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah adanya siswa yang memiliki perilaku perundungan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Bimbingan Kelompok melalui Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Perundungan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah pre-eksperiment design dengan desain yaitu one group pre-test-post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes perilaku perundungan dengan analisis data program SPSS 25. Populasi dalam penelitian adalah 134 orang siswa dengan pengambilan sampel purposive sampling yaitu sebanyak 10 siswa yaitu kelas VII 4 SMPN 3 Batusangkar yang memiliki perilaku perundungan pada kategori tinggi, sedang, dan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok melalui teknik role playing berpengaruh signifikan dalam menurunkan perilaku perundungan. Hasil dari pengolahan data nilai standar deviation yang diperoleh sebelum mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik role playing yaitu sebesar 848 dan setelah mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik role playing menurun menjadi sebesar 548. hal ini ditunjukkan oleh analisis dimana t0 (13,25) > tt (2,262) sehin Hipotesis alternative (Ha ) diterima dan (H0) ditolak pada taraf signifikansi 0,5% dengan db atau df = 9. Ini berarti bahwa bimbingan kelompok melalui teknik role playing berpengaruh signifikan dalam menurunkan perilaku perundungan di SMPN 3 Batusangkar.