Abstract:
ABSTRAK Sri Hanifah. NIM 1830403101. Judul Skripsi : Pengaruh Kecedasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Tingkat Pemahaman Pembelajaran Akuntansi. Program Studi Akuntansi Syariah UIN Mahmud Yunus Batusagkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah masih terdapatnya mahasiswa akuntansi syariah yang belum sepenuhnya paham mengenai mata kuliah akuntansi. Sehingga ini akan sangat merugikan jika nantinya mereka sudah berada dalam dunia kerja, dimana profesionlaitas dan kemampuan mereka akan diprtanyakan. Setiap individu dibekali dengan kecedasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual yang sangat berpengaruh dalam kehidupan salah satunya adalah belajar. Namun ketiga kecerdasan ini tidak menjamin setiap individu mendapat pemahaman maksimal dalam belajar. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mngetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap tingkat pemahaman pembelajaran akuntansi. Sampel penelitian sebanyak 73 orang mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat komparatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner secara online melalui google forms. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan pengujian hipotesis uji t, uji R, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) tidek berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman pembelajaran akuntansi, kecerdasan emosional (SQ) berpenngaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman pembelajaran akuntansi, dan kecerdasan spiritual (SQ) tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman pembelajaran akuntansi.