Abstract:
Rifaldo, NIM 1930401116. Judul skripsi ini “ Pengaruh Kualitas Layanan dengan Model (Tangible, Reliability, Responsivness, Assurance, Emphaty) Terhadap Kepuasaan Nasabah di KJKS BMT AL-MAKMUR Cubadak”. Program Sarjana Ekonomi (S1) Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan yang dilihat dari dimensi tangible yang kurang memadai seperti ukuran kantor, dan lahan parkir yang kurang memadai jika sewaktu-waktu nasabah ramai maka akan menganggu ke toko bahkan jalan raya yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan (tangible, reability, responsiveness, assurance, dan emphaty) terhadap kepuasaan nasabah dan mana yang lebih signifikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah 91 responden dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda yang diolah dengan software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas layanan dimensi (Tangible dan Assurance) secara parsial atau individu berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Al Makmur Nagari Cubadak. Sedangkan secara Simultan atau bersama-sama pengaruh kualitas layanan dimensi (Tangible, Reliability, Responsivness, Assurance, Emphaty) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Al Makmur Nagari Cubadak.