Abstract:
Srimaihastuti, NIM. 1730406019. Judul Skripsi “Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Sungai Bikan Desa Wisata Rantih” Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan apa yang dilakukan oleh desa wisata rantih secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan melakukan wawancara terhadap pengelola di air terjun sungai bikan desa wisata rantih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Serta keabsahan data yang dapat dilapangan dilakukan teknik trigulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa objek wisata air terjun desa rantih menggunakan teori menurut holloway dengan kriteria 3A adalah: pertama atraksi, strategi yang digunakan adalah terdapatnya daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, serta masyarakat yang saling terkait dan melengkapi terwujudnya kepariwisataan pada air terjun sungai bikan. Daya tarik wisata terletak pada air terjun sungai bikan itu sendiri, yang dilengkapi dengan fasilitas berupa tempat berwudhu, mushola dan toilet, serta spot foto untuk pengunjung yang berlatar belakang air terjun langsung. Kedua amenitas yaitu memberikan pelayanan bagi wisatawan untuk segala kebutuhan wisata selama tinggal di daerah tujuan wisata berupa strategi inovasi terhadap tempat pusat perbelanjaan untuk wisatawan dan penginapan dikawasan objek wisata air terjun sungai bikan. Ketiga aksesibilitas, yaitu kemudahan untuk mencapai suatu tujuan, yang menyangkut kenyamanan, keamanan, dan waktu tempuh. Jarak tempuh dari pintu masuk menuju air terjun sungai bikan sekitar 15 menit dengan berjalan kaki dan dapat dilewati oleh kendaraan roda dua. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Objek Wisata.